Mohon tunggu...
KKM 173 Pagedangan
KKM 173 Pagedangan Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2022/2023

KKM 173 UIN Malang, kelompok KKM yang ditugaskan di Kabupaten Malang, Kecamatan Turen, Desa Pagedangan, Dusun Wonokasian

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Mahasiswa KKM 173 UIN Malang Menjadi Fasilitator Dalam Lomba Apresiasi di SDN 02 Pagedangan

21 Januari 2023   14:40 Diperbarui: 21 Januari 2023   15:50 32947
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKM 173 UIN Malang menjadi fasilitator dalam Lomba APRESIASI do SDN 02 Pagedangan

Mahasiswa KKM 173 UIN Malang yang bertempat di Desa Pagedangan Kec. Turen menjadi fasilitator dalam lomba apresiasi di SDN 02 Pagedangan. Lomba apresiasi merupakan ajang prestasi siswa tingkat SD/MI sederajat. Kegiatan lomba apresiasi ini diadakan di MTSN 1 Malang pada tanggal 21 Januari 2023. Lomba apresiasi ini diperuntukkan bagi siswa SD/MI se-Malang raya dalam bidang akademik maupun non akademik.

Cabang lomba yang dilombakan antara lain; lomba mata pelajaran seperti PAI, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Matematika, serta pidato Bahasa Arab, pidato Bahasa Indonesia, kaligrafi, singer islami, voli, dan lain-lain. Di SDN 02 Pagedangan, pihak sekolah hanya mengambil beberapa cabang lomba, seperti lomba mata pelajaran PAI, pidato Bahasa Arab, pidato Bahasa Indonesia, kaligrafi, singer islami, dan voli. Mahasiswa KKM 173 UIN Malang turut berkontribusi ketika para guru melakukan sesi penyeleksian peserta lomba yang akan mewakili sekolah. Selain itu, Mahasiswa KKM 173 juga berpartisipasi aktif menjadi fasilitator peserta lomba yang telah lolos dari seleksi.

Penyeleksian dilakukan dengan cara menunjuk langsung peserta lomba yang memiliki minat dan bakat pada lomba yang hendak diikuti. Peserta lomba yang telah ditunjuk harus melalui proses penyeleksian yang dilaksanakan di ruang perpustakaan SDN 02 Pagedangan. Siswa yang menjadi peserta lomba pidato B. Indonesia dan B. Arab berasal dari kelas 5. Peserta seleksi lomba pidato Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia diikuti oleh 4 orang, pada tahap seleksi awal akan diambil 2 kandidat terbaik untuk mewakili SDN 02 Pagedangan. Sedangkan dari cabang lomba kaligrafi terdapat 8 peserta yang berasal dari kelas 4, 5, dan 6 mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi. Seleksi dilakukan dengan cara meminta kandidat peserta lomba untuk mengerjakan karya kaligrafi dengan tema yang sudah ditetapkan oleh panitia lomba. Para kandidat peserta lomba kaligrafi terlihat sangat antusias mengikuti seleksi lomba ini. Peserta seleksi lomba kaligrafi ini nantinya akan dipilih 1 kandidat terbaik untuk mewakili SDN 02 Pagedangan. Untuk cabang lomba voli peserta ditunjuk langsung oleh guru penjaskes.

Mahasiswa KKM 173 UIN Malang berharap dengan diadakannya penyeleksian ini dapat membantu menemukan bibit-bibit siswa yang memiliki minat dan bakat sebagai bagian sarana pengembangan potensi yang ada pada siswa. Untuk hasil yang baik, kandidat yang lolos seleksi menjadi peserta lomba akan mengikuti pembinaan serta pendampingan secara rutin dan sistematis. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar peserta lomba benar-benar siap dan memiliki bekal yang mumpuni untuk mengikuti kompetisi dengan persaingan yang ketat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone