Mohon tunggu...
KKN42 Glingseran
KKN42 Glingseran Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa KKN Universitas Jember

KKN Kelompok 42

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN 42 Glingseran: Penyuluhan Sampah dan Pembuatan Pupuk Kompos bersama Siswa-siswi SDN Glingseran

26 Januari 2023   09:43 Diperbarui: 26 Januari 2023   09:52 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(22/01/2023) Sampah masih menjadi masalah di Desa Glingseran. Sampah yang harusnya bisa dimanfaatkan, kebanyakan masih dibakar. Untuk menyadarkan hal tersebut mahasiswa KKN memutuskan untuk melakukan penyuluhan kepada anak-anak, lebih tepatnya kepada siswa-siswi SDN Glingseran. Penyuluhan ini dilakukan pada Hari Senin (16/01) di SDN Glingseran 1. Kegiatan penyuluhan tersebut diikuti oleh siswa-siswi SD dan mahasiswa KKN

Kegiatan Penyuluhan diawali dengan mengumpulkan siswa-siswi SD kelas 4 dan 5 ke dalam satu kelas. Kemudian mahasiswa KKN menyapa siswa-siswi dengan memperkenalkan diri masing-masing, lalu dilanjutkan dengan pembagian materi tentang sampah oleh mahasiswa KKN kepada siswa-siswi SD. Sebelum itu, mahasiswa KKN bertanya kepada siswa-siswi SD tentang pengetahuan mereka tentang sampah dan jenis-jenisnya. Beberapa siswa-siswi SD dapat menjawab pertanyaan tersebut dan memberikan hadiah berupa makanan ringan yang sebelumnya sudah disiapkan oleh mahasiswa KKN.

Setelah mahasiswa KKN memberikan materi tentang sampah, dilanjutkan dengan pemberian materi pupuk kompos dan cara pembuatannya. Dengan peralatan yang sudah disiapkan oleh mahasiswa KKN, perwakilan siswa-siswi SD diminta untuk mempraktikan cara pembuatan pupuk kompos. Bahan yang digunakan adalah campuran dari sampah organik dan non-organik. 

Siswa-siswi SD sangat bersemangat dan dengan bimbingan dari mahasiswa KKN, siswa-siswi SD berhasil mempraktikan pembuatan pupuk kompos. Setelah itu, diakhiri dengan memberi pertanyaan tentang apa yang telah dilakukan hari ini dan siswa-siswi SD berhasil menjawab semua pertanyaan. Penyuluhan hari ini berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir lalu diakhiri dengan sesi foto bersama siswa-siswi SD dan para wali kelas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone