Mohon tunggu...
Kompasianer Lombok
Kompasianer Lombok Mohon Tunggu... Penulis - Komunitas Kompasianer Lombok

Komunitas dari Kompasianer Lombok - KOLOM | Reaktivasi 30 Maret 2022, sekaligus sebagai tanggal ulang tahun | Join WAG KOLOM; bit.ly/LiveIGKOLOM | IG KOLOM; https://instagram.com/kolom_kompasianerlombok

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

[KOLOM Kolabs] Live Painting Seni Waktu: Adat Sasak Lombok di Era Baru Senirupa Lombok Timur

15 Januari 2023   18:35 Diperbarui: 15 Januari 2023   18:36 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hajjah Novia bersama deretan hasil Melukis Langsung. Dokumen Pribadi

Selong, Lombok Timur. Acara mendadak, namun alhamdulillah sukses serta lancar. Sepekan lalu, KOLOM baru saja berkabar ke 6 komunitas pelukis, partner tetap di Signature Event (kegiatan unggulan) Pelangi Warna dari Timur. Event unggulan yang terpilih sebagai satu dari total 12 event di Komunikarya Kompasiana 2023. Artinya, KOLOM dan enam komunitas partner, mendapat dukungan penuh Kompasiana di tajuk acara 'Pelangi dari Timur'. InshaAllah di Maret nanti. 

Persis seperti pepatah 'Pucuk Dicinta Ulam pun Tiba'. Tadinya ingin segera merapatkan konsep acara Maret, salah seorang pelukis perempuan sekaligus model lukisan, bersedia ketempatan 'Live Painting'. Langsung sepakat di rumahnya, Ahad, 15 Januari 2023. Hari ini.

Seperti kolaborasi sebelumnya, setiap Live Painting, KOLOM juga melaksanakan Live di sosial media instagram. Hari ini, jadi ekstra lama. Sampai satu setengah jam. Skuy, disimak:

Adat Istiadat Sasak Lombok Selalu Eksis di Setiap Bentuk Zaman

Persiapan. Kanvas masih kosong, koleksi cat masih dalam kardus. Dokumen pribadi
Persiapan. Kanvas masih kosong, koleksi cat masih dalam kardus. Dokumen pribadi

Hajjah Novia Ariana, mengisahkan bagaimana ia kemudian makin jatuh cinta dengan dunia seni lukis, diantaranya dimulai dengan aktif menjadi model lukisan.

"Saya sampai sempat merasa tersugesti. Salah satu lukisan dimana saya dilukis sebagai objek utama, membuat saya sempat merasa nyaman sendiri dalam waktu yang cukup lama. Entah ya. Percaya ndak percaya. Segera saya pindahkan lukisan tersebut, saya mulai terpikir untuk segera berkeluarga," sebagian dari banyak kisah unik Novia, selama ia eksis dan berinteraksi di keluarga besar pelukis di Lombok Timur.

Dong ayok kita mutualan juga di sosial media Twitter:

Salah satu rumah besar di ruas jalan utama kota Selong, ibukota kabupaten Lombok Timur (Lotim) mulai semakin ramai setelah pukul 9 pagi. Ketika akhirnya belasan kanvas mulai diletakkan di kayu penyangga, atau tergeletak di lantai, mulai pula dihadapi oleh masing-masing pelukisnya. KOLOM yang telah terlibat dalam tiga momen melukis langsung -- mulai di program Donasi Ramadhan di tahun lalu, tetap saja takjub dengan kecepatan tarian kuas di atas kanvas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone