Mohon tunggu...
Kunni kafidzatul Ulfiah
Kunni kafidzatul Ulfiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi di Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Fakultas Teknologi Industri,Program Studi Teknik Industri.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Revolusi Industri terhadap Kesehatan Fisik dan Mental

26 Januari 2023   09:38 Diperbarui: 26 Januari 2023   09:48 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saat ini kita sedang menghadapi revolusi industri era 4.0. Hal ini ditandai dengan banyaknya inovasi dalam bidang industri terutama pada penggabungan teknologi otomatisasi dan cyber. Sehingga mengakibatkan munculnya kecerdasan buatan dengan tujuan memudahkan berbagai pekerjaan manusia. Berbagai kemudahan yang diperoleh sebagai akibat dari revolusi industri 4.0 diharapkan dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru. Revolusi industri juga memiliki banyak dampak bagi beberapa bidang  kehidupan,misalnya bidang kesehatan. Kesehatan manusia meliputi kesehatan fisik dan kesehatan mental.

Dalam hal kesehatan fisik,revolusi industri berdampak pada bidang teknologi yang digunakan untuk menangani kesehatan fisik diantaranya :

1. mempermudah pengumpulan data detail tentang kesehtan dan startus kebugaran seseorang.

2. eksplorasi potensi telemedicine,yaitu suatu pemantauan dalam pengobatan pasien dari jarak jauh melalui sensir yang tersambung ke internet.

3. Clustered regularly interspaced short palindromic repeat (CRISPR)/CRISPR associated protein (Cas) 9 system

Pengembangan ditargetkan pada genom sel-sel hidup secara tepat. CRISPR/Cas9 system  sudah digunakan untuk berbagai gen target yang penting dalam berbagai macam sel dan organisme, termasuk manusia, bakteri, ikan zebra, cacing C. elegans, tanaman, Xenopus tropicalis, ragi, lalat Drosophila, monyet, kelinci, babi, tikus serta mencit. Beberapa peneliti telah menggunakan metode ini untuk membuat point mutation (penghapusan atau sisipan) dalam gen target tertentu, melalui gRNA tunggal. 

Inovasi terbaru saat ini adalah penggunaan versi dCas9 dari sistem CRISPR/ Cas9 yang digunakan untuk menargetkan domain protein dalam regulasi transkripsi, modifikasi epigenetik dan visualisasi mikroskopik dari lokus genom tertentu. Dengan panduan singkat RNA, Cas9 dapat diarahkan ke target area DNA tertentu dengan tepat dan berfungsi sebagai enzim endonuklease yang efisien untuk menghasilkan pemotongan pada DNA untai ganda.

4. Metoda komputasi dalam pencarian obat baru.

Sebagai contoh metoda komputasi dalam pencarian oabt baru yaitu alat komputasi in silico, hal ini merupakan strategi yang sangat efektif untuk mempercepat dan menghemat penemuan dan pengembangan suatu obat baru. Hal ini berdampak pada peningkatan besar dalam ketersediaan informasi makromolekul biologis dan molekul kecil, penerapan komputasi penemuan obat telah diperluas dan telah diterapkan pada setiap tahap dalam alur kerja penemuan dan pengembangan obat. Termasuk di antaranya identifikasi dan validasi target obat, pencarian dan optimalisasi calon obat serta beberapa tes praklinis.

5. Mikrobiota usus sebagai target terapi.

Penggunaan mikrobiota usus dalam menjaga kesehatan dan timbulnya penyakit tertentu pada manusia menunjukkan bahwa perubahan komposisi mikroba komensal melalui kombinasi antibiotik, probiotik dan prebiotik dapat menjadi pendekatan terapi baru. Munculnya teknologi metagenomik dan metabonomik, dapat diterapkan untuk mempelajari ekologi usus mikroba pada tingkat molekuler.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone