Mohon tunggu...
langgeng ikhtiar pribadi
langgeng ikhtiar pribadi Mohon Tunggu... Lainnya - S1-Manajeman.

Suka menulis, kalau suka kamu nanti ditinggal.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Panduan Cepat untuk Mengonversi Word ke PDF

28 Februari 2023   08:40 Diperbarui: 28 Februari 2023   08:59 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Panduan Cepat untuk Mengonversi Word ke PDF.(Pixabay)

Ketika kita ingin mengirim sebuah dokumen ke orang lain, terkadang format file yang kita gunakan tidak sesuai dengan yang diminta oleh penerima. Salah satu contoh yang sering terjadi adalah saat kita menggunakan Microsoft Word untuk membuat sebuah dokumen, tetapi penerima meminta dokumen tersebut dalam format PDF. 

Nah, jika Anda sedang mengalami hal serupa, jangan khawatir! Di artikel ini, saya akan memberikan panduan cepat tentang bagaimana cara mengonversi Word ke PDF.

1. Menggunakan Fitur "Save As PDF" di Microsoft Word

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan fitur "Save As PDF" yang sudah disediakan oleh Microsoft Word. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka dokumen yang ingin dikonversi ke format PDF, lalu pilih menu "File" dan klik "Save As". Pada jendela "Save As", pilih "PDF" pada opsi "Save as type". Terakhir, klik tombol "Save" dan dokumen Word akan terkonversi ke format PDF.

2. Menggunakan Situs Konversi Online

Jika Anda tidak memiliki Microsoft Word atau ingin mengonversi banyak dokumen sekaligus, Anda bisa menggunakan situs konversi online seperti SmallPDF, ILovePDF, atau PDF Converter

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membuka situs konversi online pilihan Anda, lalu pilih opsi "Word to PDF". Selanjutnya, pilih dokumen Word yang ingin dikonversi dan tunggu hingga proses konversi selesai. Setelah selesai, dokumen PDF akan bisa diunduh dan disimpan.

3. Menggunakan Aplikasi Konversi di Perangkat Anda

Jika Anda lebih nyaman menggunakan aplikasi desktop di perangkat Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi konversi seperti Adobe Acrobat, Wondershare PDF Converter, atau Nitro Pro. 

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menginstal aplikasi konversi pilihan Anda, lalu buka aplikasi tersebut dan pilih opsi "Word to PDF". Selanjutnya, pilih dokumen Word yang ingin dikonversi dan tunggu hingga proses konversi selesai. Setelah selesai, dokumen PDF akan bisa diunduh dan disimpan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone