Mohon tunggu...
Lapas Terbuka Kendal
Lapas Terbuka Kendal Mohon Tunggu... Administrasi - Sarana Asimilasi dan Edukasi Warga Binaan Pemasyarakatan

Lapas Terbuka Kendal merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis yang terletak di Kabupaten Kendal, dibawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah. Lapas Terbuka Kendal menjalankan tugas sebagai tempat pembinaan, asimilasi Warga Binaan Pemasyarakatan (Narapidana).

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Tertib BMN Jadi Perhatian Kalapas Terbuka Kendal

16 Januari 2023   13:47 Diperbarui: 16 Januari 2023   13:57 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apel Pagi ASN Lapas Terbuka Kendal/dokpri

KENDAL -- Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 181/PMK.06/2016 yang dimaksud dengan Barang Milik Negara (BMN) adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban anggaran pendapatan dan belanja negara atau berasal dari perolehan lainnya yang sah. Salah satu manfaat dari BMN adalah mendukung pelaksanaan tugas fungsi kementerian/lembaga.

Menyadari pentingnya BMN, Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy saat menjadi Pembina Apel pada Senin (16/01/2023) menyampaikan arahan terkait penggunaan BMN. Barang Milik Negara yang dimiliki Lapas Terbuka Kendal digunakan untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi seperti kendaraan bermotor, gedung/bangunan, serta peralatan dan mesin.

"Menjaga sarana dan prasarana yang termasuk dalam BMN pada dasarnya adalah tanggung jawab kita semua. Namun, untuk mempermudah dalam pengawasan dan kontrol eksistensi BMN diterbitkan SK penanggung jawab," ucap Rusdedy mengawali amanat apel.

Atas arahan Rusdedy, Urusan Umum Lapas Terbuka Kendal telah memetakan area BMN beserta penanggung jawabnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengawasan dan perawatan terselenggara dengan baik.

Dokpri
Dokpri

"Setiap gedung atau ruangan di Lapas Terbuka Kendal telah dipetakan dan ditunjuk penanggung jawabnya. Diharapkan, penanggung jawab dapat merawat dan memperhatikan kondisi kebersihannya," lanjut Rusdedy.

Mengenai kendaraan dinas dan peralatan/mesin, Rusdedy mengingatkan kepada pegawai yang ditunjuk, untuk merawat dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, dengan perawatan yang baik akan memperpanjang usia pemakaian. "Segala sesuatu yang dirawat pasti usia pemakaiannya menjadi lebih panjang dan ketika dibutuhkan, BMN tersebut dalam kondisi siap digunakan."

Dalam rangka optimalisasi pemantauan inventarisasi dan perawatan BMN, Kalapas memerintahkan Urusan Umum agar setiap bulan membuat jadwal kegiatan pengawasan dan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi BMN.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone