Mohon tunggu...
Lapas Terbuka Kendal
Lapas Terbuka Kendal Mohon Tunggu... Administrasi - Sarana Asimilasi dan Edukasi Warga Binaan Pemasyarakatan

Lapas Terbuka Kendal merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis yang terletak di Kabupaten Kendal, dibawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah. Lapas Terbuka Kendal menjalankan tugas sebagai tempat pembinaan, asimilasi Warga Binaan Pemasyarakatan (Narapidana).

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Sinergi dengan Dinas Pertanian dan Pangan, Lapas Terbuka Kendal Rawat Ternak Ruminansia

21 Januari 2023   17:10 Diperbarui: 21 Januari 2023   17:11 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perawatan Hewan ternak Lapas Terbuka Kendal

KENDAL - Guna memenuhi kebutuhan vitamin dan memperkuat sistem imunitas ternak ruminansia, Subseksi Kegiatan Kerja Lapas Terbuka Kendal berikan vitamin B Complex untuk ternak sapi dan kambing. Kegiatan pemberian vitamin ini rutin dilaksanakan setiap satu bulan sekali melalui metode injeksi (suntikan).

Vitamin B-Complex merupakan sekumpulan vitamin yang larut dalam air dan terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12 (cobalamins). Masing - masing vitamin tersebut memiliki kandungan yang bersinergis satu sama lain dan mendukung aktivitas ternak. Sebenarnya vitamin B-kompleks dapat dibentuk sendiri dalam tubuh ternak ruminansia. Namun saat ternak ruminansia dalam kondisi stres, sakit, maupun kekurangan nutrisi pakan, kerja bakteri di lambung dalam membentuk vitamin B-Complex akan menurun. Untuk itu diperlukan suplementasi vitamin B-Complex guna mencegah kurangnya asupan vitamin B-Complex dalam tubuh hewan ternak.

Puji Raharjo, Kepala Sub Seksi Kegiatan Kerja Lapas Terbuka Kendal menuturkan bahwa Vitamin B-Complex memiliki banyak khasiat yang sangat penting bagi hewan ternak.

"Beberapa khasiat Vitamin B-Complex yaitu untuk menambah nafsu makan, menstabilkan metabolisme tubuh, menambah imunitas, serta mencegah hewan ternak terjangkit virus dan penyakit," tutur Puji saat mengawasi pemberian vitamin ternak, Sabtu (21/01/2023).

Lapas Terbuka Kendal
Lapas Terbuka Kendal

Lebih lanjut Puji Raharjo menjelaskan bahwa pihaknya selalu aktif dalam menjaga kesehatan hewan ternak yang dimiliki oleh LPT Kendal.

"Sebelumnya, kami telah melaksanakan Vaksinasi PMK dosis kedua bagi ternak sapi maupun kambing, selain itu kami juga gencar melakukan penyemprotan disinfektan di kandang ternak untuk menjaga kebersihan, sekaligus melakukan monitoring kesehatan hewan," terang Puji.

Ketika ditemui, Ari Rahmanto selaku Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja menambahkan bahwa dalam perawatan dan pemeliharaan hewan ternak, pihaknya menjalin komunikasi secara aktif dengan Penyuluh Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal.

"Setiap hari kami melakukan pengamatan terhadap ternak sapi dan kambing, apabila ditemukan indikasi gejala penyakit langsung kami konsultasikan kepada Penyuluh Peternakan. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal atas sinergitas yang selama ini telah terjalin," pungkas Ari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone