Mohon tunggu...
Lapas Permisan Nk1908
Lapas Permisan Nk1908 Mohon Tunggu... Lainnya - Tim Humas Lapas Kelas IIA Permisan Nuskambangan

Kunjungi Juga : Instagram : lapaspermisannk Facebook : Lapas Permisan Nk Twitter : Lapas Permisan

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Batik Cap Lapas Permisan Nusakambangan Karya WBP yang Estetik

22 Januari 2023   22:17 Diperbarui: 22 Januari 2023   22:20 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Humas Lapas Nusakambangan

NUSAKAMBANGAN - Batik merupakan salah satu kebanggaan budaya Indonesia yang sudah dikenal oleh dunia. Potensi peluang usaha atau bisnis batik memang tidak ada matinya, batik yang merupakan identitas negara adalah warisan budaya yang harus dilestarikan. Apalagi pemerintah sudah mengesahkan hari batik se-Indonesia untuk mempertahankan dan mengembangkan perbatikan Indonesia, Minggu (22/01).

Melihat peluang ini, Lapas Permisan sudah lama menjadikan pembuatan batik cap yang estetik ini menjadi keterampilan yang dibekalkan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan yang mengikuti bimbingan kerja. Batik saat ini juga menjadi produk unggulan Lapas Permisan yang sudah dipasarkan diluar Pulau Nusakambangan. Kegiatan pembuatan batik ini juga antusias dilaksanakan oleh warga binaan yang mengikutinya, salah satunya oleh I.

Dok. Humas Lapas Nusakambangan
Dok. Humas Lapas Nusakambangan
I adalah warga binaan yang saat ini menjalani pidana di Lapas Permisan. Selama di Lapas Permisan,  selalu menjalankan pidananya dengan ikhlas, buktinya dia rajin mengikuti pembinaan kemandirian maupun kepribadian salah satunya di kegiatan batik ini. Skill ini dia dapatkan dari Pelatihan Membatik yang dilaksanakan oleh Lapas Permisan beberapa waktu lalu dan juga diajarkan oleh warga binaan lain yang sudah lebih dulu berkecimpung di pembuatan batik.
"Saya sangat semangat mengikuti kegiatan pembinaan kemandirian di bidang batik ini. Selain mendapatkan keterampilan membuat batik cap yang bisa saya gunakan kelak saat bebas, jika batik ini terjual saya juga akan mendapatkan premi yang bisa saya tabung. Saya juga merasa lebih baik menghabiskan waktu untuk menambah skill ini daripada hanya diam saja di kamar tidak melakukan apa-apa," Ujar I kepada petugas.

Kasi Kegiatan Kerja Reza Ibnu Wibowo juga mengapresiasi warga binaan yang mengikuti kegiatan pembinaan dengan sangat baik serta berkomitmen untuk terus membina dengan yang terbaik.

Dok. Humas Lapas Nusakambangan
Dok. Humas Lapas Nusakambangan
"Lapas Kelas IIA Permisan selalu berkomitmen untuk memberikan pembinaan kemandirian yang terbaik bagi Warga Binaan Pemasyarakatannya. Kami juga mengapresiasi warga binaan yang secara ikhlas dan semangat mengikuti kegiatan pembinaan ini. Sehingga kelak apabila sudah selesai menjalani pidana, pengalaman yang didapat bisa menjadi bekal untuk menjalani kehidupan di tengah-tengah bermasyarakat," Terangnya.
Dengan berjalannnya pembinaan kemandirian di Lapas Permisan ini semoga bisa menjadi salah satu upaya kita untuk mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan yaitu memasyarakatkan kembali warga binaan agar bisa diterima di lingkungan sekitar kelak.

#kumhamPASTI
#kemenkumham_ri
#ditjenpas
#kanwilkemenkumhamjateng
#Ayuspahruddin
#lapaspermisan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone