Mohon tunggu...
Lapas Permisan Nk1908
Lapas Permisan Nk1908 Mohon Tunggu... Lainnya - Tim Humas Lapas Kelas IIA Permisan Nuskambangan

Kunjungi Juga : Instagram : lapaspermisannk Facebook : Lapas Permisan Nk Twitter : Lapas Permisan

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Peningkatan Kesehatan WBP, Lapas Permisan Gandeng Puskesmas Cilacap Selatan Gelar VCT

25 Januari 2023   14:45 Diperbarui: 25 Januari 2023   14:58 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Cilacap - Kesehatan merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Lapas Permisan menggandeng UPTD Puskesmas Cilacap Selatan guna melaksanakan VCT bagi warga binaan, Rabu (25/01).


Lapas Permisan melaksanakan amanat dari UU No 22 Tahun 2022 pasal 4 yakni pelayanan dan perawatan khususnya di bidang kesehatan. Pelayanan dan perawatan di lapas Permisan sendiri sudah dilakukan dengan adanya klinik pemasyarakatan dan bagi warga binaan yang mengalami berbagai keluhan kesehatan sudah ditangani secara maksimal oleh tenaga medis lapas yaitu perawat, Kusnadi dan dokter Maskur.

Voluntary Counseling and Testing (VCT) sendiri dilakukan mengetahui tingkat kesehatan para warga binaan. VCT sendiri digunakan untuk mengetahui status kesehatan melalui kegiatan skrining HIV dan syphilis. Lapas Permisan bersama Puskesmas Cilacap Selatan secara rutin menggelar kegiatan ini sehingga diharapkan pelayanan dan perawatan kesehatan berjalan dengan maksimal.

Dokpri
Dokpri
Kasi Binadik, Andriyas Dwi Pujoyanto, mendampingi kegiatan tersebut bersama dengan Kasubsi Bimkemaswat Candra Putra Perwira dan beserta petugas Medis Lapas Permisan.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan bersama Puskesmas Cilacap Selatan. Perlunya deteksi dini terhadap kesehatan WBP akan memudahkan penanganan kedepannya. Semoga kegiatan ini berkelanjutan," tutur Andriyas.

Plt. Kalapas Permisan Mardi Santoso mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antar instansi pemerintahan dalam meningkatkan layanan kesehatan terhadap masyarakat, khususnya terhadap warga binaan pemasyarakatan.

"Upaya peningkatan tingkat kesehatan warga binaan selalu kami perhatikan, salah satunya lewat VCT mobile ini. Lapas Permisan berkomitmen meningkatkan segala lini pelayanan," tutup Mardi Santoso.

Untuk diketahui kegiatan cek kesehatan melalui VCT ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari selasa dan rabu dengan target kesehatan WBP di Lapas Permisan Nusakambangan.

#kumhamPASTI
#kemenkumham_ri
#ditjenpas
#kanwilkemenkumhamjateng
#Ayuspahruddin
#lapaspermisan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone