Mohon tunggu...
LAPAS TANJUNG
LAPAS TANJUNG Mohon Tunggu... Lainnya - LAPAS KELAS IIB TANJUNG

Akun Resmi dikelola oleh Humas Lapastan : Layanan Pengaduan : 0812-5334-2020 "Pelayanan Gasan Pian, PASTI GRATIS" Lapas Tanjung PASTI BERSINAR

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Penuhi Hak Warga Binaan, Lapas Kelas IIB Tanjung Berikan Izin Luar Biasa

26 Januari 2023   09:13 Diperbarui: 26 Januari 2023   09:21 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENUHI HAK WARGA BINAAN, LAPAS KELAS IIB TANJUNG BERIKAN IJIN LUAR BIASA

Tanjung. INFO_PAS  - Ada beberapa hak yang dapat diterima oleh seseorang selama menjalani masa pidana (Narapidana) salah satunya adalah mendapatkan hak izin luar biasa yang telah diatur dalam peraturan yang berlaku. Dalam rangka pemenuhan hak narapidana tersebut, Laapas tanjung hari ini memberikan izin luar biasa kepada salah satu Narapidana inisial (M) dikarenakan Ayah kandungnya meninggal dunia pada Rabu (25/01/2023).

Pemberian izin luar biasa diberikan karena Narapida (M) telah memenuhi syarat substantif sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 32 Tahun 1999 Tentang tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Izin luar biasa diberikan dengan kepentingan luar biasa antara lain menghadiri pemakaman keluarga kandung seperti orang tua, istri, anak, adik dan kakak kandung. Selain itu izin menjadi wali nikah anak/saudara kandung, dan izin membagi harta warisan.

Dalam peristiwa tersebut Narapidana (M) memenuhi salah satu dari beberapa kategori alasan pemberian izin luar biasa yaitu menghadiri pemakaman Ayah kandungnya. Dalam pelaksanaannya, izin luar biasa ini diberikan setelah narapidana yang bersangkutan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan seperti  surat pernyataan jaminan secara tertulis dari penjamin, identitas penjamin Narapidana (KTP dan KK), surat keterangan kematian dari Kepala Desa/ Lurah, dan surat kematian dari rumah sakit umum atau swasta.

Izin Luar biasa diberikan paling lama 1 x 24 jam dengan pengawalan 3 (tiga) orang Petugas dari Lapas Kelas IIB Tanjung. Sebelum melaksanakan pengawalan Plh Kepala lapas Kelas IIB Tanjung, Abdul Hair, S.Sos menerangkan bahwa semua bentuk pelayanan yang diberikan di Lapas Tanjung adalah gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun dan penegasan bagi petugas pengawalan untuk tetap waspada dalam melaksanakan tugas serta senantiasa berpedoman pada SOP yang telah ditetapkan.

Kegiatan berjalan dengan aman, lancar dan terkendali baik selama proses pemenuhan persyaratan, proses pengawalan, sampai dengan kembalinya Narapidana (M) kembali ke dalam Lapas Tanjung.

"Sudah menjadi komitmen kami sebagai pelayan publik untuk memberikan pelayanan yang maksimal baik bagi narapidana maupun masyarakat, kami akan menjaga kualitas tersebut demi pemasyarakatan maju," ucap Abdul Hair.

Baik pihak keluarga maupun Narapidana mengucapkan terima kasih atas kemudahan pemberian hak luar biasa tersebut sehingga apa yang menjadi harapan keluarga bisa terlaksana dengan baik.

TIM HUMAS LAPASTAN

@kemenkumhamri

@kemenkumhamkalsel

#KanwilKemenkumhamKalsel

#KumhamKalsel

#FaisolAli

#Heru Yuswanto

#Lapas Tanjung

Kanwil Kemenkumham Kalsel

Kumham Kalsel

Faisol Ali

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone