Mohon tunggu...
Lapas Tulungagung
Lapas Tulungagung Mohon Tunggu... Lainnya - "BINANGUN" Bersih, Inovatif, Sinergi, Akuntabel

Lembaga Pemasyarakatan adalah unit pelaksana Teknis dibidang Pemasyarakatan sebagai wadah kegiatan Pembinaan Terpidana menurut Sistem Pemasyarakatan. Yang mempunyai tugas pokok “ Melaksanakan Pembinaan dan Bimbingan melalui berbagai usaha dan bentuk ketrampilan sehingga mereka memperoleh pengetahuan, minimal ketrampilan untuk bekal mampu hidup mandiri setelah kelak kembali di tengah-tengah masyarakatnya”. Dengan dasar pemikiran tersebut maka Lembaga Pemasyarakatan mempunyai fungsi sebagai Lembaga Pendidikan yang membidik manusia Narapidana dalam rangka terciptanya kualitas manusia yang terampil dan bermoral. Lembaga Pembangunan yang mengikut sertakan manusia Narapidana menjadi manusia pembangunan yang produktif.

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Antisipasi Over Kapasitas, Lapas Tulungagung Kembali Pindahkan WBP

25 Januari 2023   16:14 Diperbarui: 25 Januari 2023   16:26 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lapas Tulungagung Kanwil Kemenkumham Jatim kembali melakukan pemindahan warga binaan, kali ini 16 orang warga binaan dipindahkan ke Lapas Pemuda Madiun dan Lapas Ngawi, Rabu (25/1). Pemindahan warga binaan dilakukan sebagai langkah deteksi dini dan upaya mengurangi over kapasitas Lapas Tulungagung.

Proses pengeluaran warga binaan dilakukan oleh tim gabungan regu pengamanan dan kamtib. Sebelum dipindahkan dilakukan pengecekan data warga binaan oleh staf registrasi Lapas Tulungagung, untuk memastikan dan kesesuaian data warga binaan yang akan dipindahkan.

Dokpri
Dokpri

Kalapas Tulungagung, R. Budiman P. Kusumah menyampaikan bahwa pemindahakan ini sesuai dengan Undang-Undang No. 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan serta warga binaan yang dipindahkan merupakan narapidana yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap. 

Kalapas menambahkan pemindahan warga binaan dari Lapas Tulungagung ke Lapas Pemuda Madiun dan ke Lapas Ngawi juga bertujuan untuk mengurangi over kapasitas dan meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone