Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Kupas Tuntas Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran

19 Januari 2023   01:29 Diperbarui: 19 Januari 2023   01:31 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto DokPri  dari WAG

Kupas Tuntas Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran.

Halo Sahabat, menarik sekali jika kita sebagai blogger bisa memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Bukan hanya guru saja yang bisa memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Coba saja chef misalnya, menulis resep di blog, dan link blog dibagikan, bisa dibaca oleh banyak orang. Nah dari membaca tersebut, semua ingin mencoba resep yang telah dibacanya, Begini juga termasuk pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran. Intinya blog tersebut bermanfaat isinya atau tulisannya. Baik bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. nah ini dia yang dinamakan ilmu yang bermanfaat. Antara yang menulis dan membaca, sama - sama mendapatkan pahala. 

Apalagi bagi guru, yang memang benar- benar tugasnya adalah mengajar, mendidik, Dimana guru harus bisa menyajikan pembelajaran yang bermakna, pembelajaran yang menyenangkan bagi para siswanya. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang beragam. Jadi guru dituntut untuk selalu bisa mengikuti perkembangan jaman. Inilah Guru sebagai pemimpin pembelajaran  sejati, yaitu guru yang bisa mengikuti perkembangan jaman. Top sekali pembahasannya, menarik untuk disimak sebagai bahan untuk menampilkan materi - materi pembelajaran melalui blog.

Sebelum sampai kepada pembahasan utama, maka kita telusuri dulu, apa yang dinamakan dengan blog?

Blog berasal dari kata web blog yang artinya website yang bersifat pribadi atau personal. Opini atau tulisan yang berada di dalam blog juga bersifat personal atau berupa hal- hal yang merupakan aktualisasi diri dari penulis blog.  Dari blog inilah kemudian bisa di kabarkan kepada khalayak atau komunitas. Perlu diingat juga bahwa kata 'blog' yang berasal dari kata "weblog, diperkenalkan oleh John Banger pada tahun 1998. 

Selanjutnya, perlu kita intip juga jenis - jenis blog  : 

1, Blog Pendidikan

2. Blog Sastra.

3. Blog Pribadi.

4. Blog Bertopik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone