Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Virus Writer's Block Bisa Menyerang Siapa Saja dan Kapan Saja. Waspada... Waspada!

24 Januari 2023   16:39 Diperbarui: 24 Januari 2023   16:44 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto DokPri berasal dari WAG.

Virus Writer's Block Bisa Menyerang Siapa Saja dan Kapan Saja. Waspada...Waspada..!

Hay..Para Penulis hebat di manapun berada.

Selamat berkarya, menorehkan tinta - tinta indah nan bermakna yang menambah semaraknya dunia. Dunia kian bersemangat menyangga dan  menampung segala aspirasi dan inspirasi otentik yang keluar dari hati nurani. Karya - karya yang  dilangitkan sebagai perwujudan fenomena  alam  yang semakin memancarkan peradaban masa kini, akan semakin mendapatkan nilai tertinggi, jika diimbangi dengan attitude yang tersirat maupun tersurat. Namun demikian, agar dapat mewujudkan semua itu, perlu proses yang panjang. Artinya, untuk menjadi penulis handal, yang dicintai oleh pembacanya, dan selalu dinanti karya - karya terbarunya, tidak datang sekejap mata. Semua penulis pasti mengalami tahapan- tahapan tertentu  untuk menjadi penulis yang brilyant. Contohnya saja, Om Jay atau lengkapnya Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd., beliau melewati waktu sepanjang 13 tahun, untuk melawan badai dan ombak yang menerjang, sampai akhirnya bisa sampai pada laut bebas yang biru, dihiasi mega- mega yang begitu indah.
Nah, dalam perjalanan menggapai impian yang menggantung di langit penuh bintang,  pastinya, para penulis juga mengalami pasang surut. Pasang surut dalam berkarya, antara waktunya rajin menulis dan keadaan malas menulis. Atau kadang berada dipersimpangan jalan, bingung mau diarahkan ke mana tulisannya. Atau bisa pula menemui jalan buntu, tidak tahu lagi apa yang akan ditulis, usaha mencari idepun yang muncul masalah hidup yang datang tiada henti. Jika hal ini terjadi, serasa hilang  kemampuan menulisnya. Keadaan seperti ini, baik disadari atau tidak, itulah keadaan penulis yang sedang  terserang virus Writer's Block.

*Sebagai penambah pengetahuan, istilah Writer's Block pertama kali diperkenalkan oleh  Edmund Bergler, seorang psikoanalis dari Amerika.*

Karena virus Writer's Block (WB) ini bisa menyerang berulang kali, dan bisa aktif jika kondisinya memungkinkan,  maka sejak dini harus diantisipasi dengan mengetahui penyebab WB. Penyebab   dan cara mengatasi WB diantaranya adalah sebagai berikut :
- Sedang mencoba metode/topik baru dalam menulis.
Cara mengatasinya harus segera beradapptasi dengan topik baru yang sedang digelutinya.
-Keadaan strees,  yang dalam Kamus Psikologi merupakan  suatu ketegangan, tekanan, keadaan batin, ketegangan dan konflik. Lelah fisik dan mental akibat aktifitas sehari - hari yang padat, yang dapat memicu strees. Jika sedang stress yang membuat gairah menulis itu hilang, jenuh dan suntuk pula, justru menulis hal - hal baru bisa mengembalikan  gairah  menulis.
-Jika terasa WB menjangkit, bisa menggunakan solusi membaca buku - buku yang ringan. Karena dengan membaca, selain menambah kosa kata, juga akan melahirkan ide - ide yang ekspresif, dalam bentuk kata yang menggugah selera pembaca.
Ingat petuah Om Jay "Tak ada penulis yang malas membaca"
- Terlalu perfeksionis juga bisa  mendatangkan WB, yaitu terlalu memikirkan,  apakah tulisannya sudah sesuai kaidah atau belum, bisa diterima oleh pembaca atau tidak?  Cara mengatasinya, haruslah tetap percaya diri, terus menulis semampu kita. Karena dalam berkarya itulah, kita jadi banyak belajar. Dengan merefleksi diri akan semakin mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri, yang bertujuan untuk perbaikan selanjutnya.

Bagaimana para sahabat Penulis, semoga kita akan terhindarkan dari Virus Writer's Block. Sehingga bisa terus berkarya, membumikan literasi di Bumi Pertiwi. Menulislah dengan hati, agar hasilnya berarti
Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

Sumber materi / topik :
Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28, bersama Narasumber Ditta Widya Utami, dengan moderator Raliyanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone