Mohon tunggu...
Lilik Kistiana
Lilik Kistiana Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 2 Gamping

Senang mencoba yang hal baru yang menambah pengetahuan bagi diri sendiri, orang lain dan masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Kiat Sukses Menulis Ala OmJay

24 Januari 2023   16:30 Diperbarui: 24 Januari 2023   16:40 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat siang sobat semua, semoga semua dalam keadaan sehat dan bahagia selalu !

Pada kesempatan ini saya akan mereview kembali tentang kelas pertama  saya mengikuti pelatihan di Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI gelombang ke 28, pelatihan ini diinisiasi oleh seorang trainer, motivator, blogger, fotografer, pembicara seminar dan workshop tingkat nasional. Beliau adalah Dr. Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, atau lebih terkenal dengan sebutan OMJAY, Beliau lahir di Jakarta, 28 Oktober 1972, seorang guru di SMP Labschool Jakarta. Lulus S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (1990-1994). Pendidikan S2 pada Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Pascasarjana UNJ (2007-2009) dan mulai tahun 2014 telah melanjutkan pendidikan ke S3 Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ dengan Judul Desertasi adalah Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa.

Kelas ini di mentori juga oleh para penulis yang memang sudah sangat berpengalaman dalam hal menulis sampai menjadikannya sebuah buku, maka saya tidak heran kalau kemudian lulusan dari pelatihan ini di gelombang-gelombang sebelumnya banyak yang sukses menulis hingga bisa menerbitkan buku. Kegiatan KBMN PGRI dipandu oleh sebuah tim yang dinamakan Tim Solid OmJay.  

Beberapa OmJay sudah menyampaikan materinya di kelas ini. Dalam tulisan saya ini, saya  akan mencoba mengupas tentang beberapa kiat-kiat sukses menulis versi OmJay, dari materi yang disampaikan oleh OmJay paling tidak saya bisa menyimpulkan bahwa ada 9 hal yang perlu diperhatikan oleh seorang penulis pemula antara lain adalah :

1. Mulailah menulis dari yang disukai dan dikuasai

Semua orang tentunya mempunyai suatu hal yang disukai, cobalah kita renungkan hal-hal apa saja yang kita senangi atau kita sukai dalam hidup ini, kalau sudah tahu tentang hal-hal yang kita sukai cobalah kita mulai menuangkan kesukaan itu kedalam sebuah tulisan. Biasanya kalau kita menyukai sesuatu pasti akan mudah kita kuasai dengan baik, misalnya kita suka dengan teknologi baru maka dengan cepat nanti kita akan segera beradaptasi dengan teknologi tersebut. Kita sudah suka dan kita sudah menguasai hal tersebut, maka kemudian kita bisa menuangkan hal tersebut ke dalam sebuah tulisan, tentu saja akan ide dan gagasan dari tulisan akan cepat keluar dari otak kita.

2. Menulis setiap hari akan berbuah prestasi

Beberapa kisah nyata dari para penulis yang sudah banyak menerbitkan buku, salah satu hal yang perlu kita contoh adalah bahwa mereka selalu menulis setiap hari, makanya mereka mempunyai banyak judul tulisan ataupun artikel, sehingga ketika suatu saat ada lomba tentang tulisan ataupun artikel mereka sudah punya banyak stok kumpulan tulisan, ketika akan diikutkan lomba mereka tidak perlu membuat dari awal dan mereka hanya mengeditnya tinggal menyesuaikan dengan ketentuan yang sudah dibuat oleh panitia.

3. Menulislah dengan hati maka akan sampai ke hati

Kalau seseorang menulis dengan keterpaksaan maka hanya akan melahirkan tulisan yang tidak ada kelembutan, kata-kata yang dirangkai karena hanya keterpaksaan tidak akan bisa menyentuh hati pembaca, menulislah dengan hati maka untaian kata-katanya akan menyentuh hati pembacanya. Nikmati menulis dengan hati yang penuh kelembutan jangan menulis dengan hati yang penuh kemarahan, supaya karya-karya kita betu-betul tersimpan dalam hati pembacanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone