Mohon tunggu...
Lisa Aprilia
Lisa Aprilia Mohon Tunggu... Guru - Guru dan penulis MTsN 4 Bantul yang berupaya mempublikasikan MTsN 4 Bantul jaya mendunia.

Menikmati mengajar, menulis, dan membuat bahan ajar kreatif.

Selanjutnya

Tutup

Seni

MTsN 4 Bantul Jadi Tuan Rumah MGMP SBP, Latih Guru Bermain Angklung

19 Januari 2023   22:01 Diperbarui: 19 Januari 2023   21:59 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bantul (MTsN 4 Bantul) -- Seni Budaya dan Prakarya (SBP) memerlukan upgrade skill atau keahlian agar dapat mengajar siswa dengan banyak pilihan kompetensi seni. Hal itu menjadi tujuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya dan Prakarya (SBP) di tiap pertemuan. 

Hari Kamis (19/1) menjadi pertemuan pertama MGMP SBP di tahun 2023 dan menunjuk MTsN 4 Bantul menjadi tuan rumah. Hal ini diungkap H.Mulyo Rejoso, S.Pd. bahwa berdasarkan alasan MTsN 4 Bantul memiliki fasilitas musik yang memadai, khususnya angklung.

Dra. Heni Susilowati, guru Seni Budaya bidang Musik dari MTsN 4 Bantul ditunjuk sebagai pengisi materi karena kemampuan Heni atau kerap disapa Mama Heni itu terkenal mumpuni. Heni sendiri mengungkapkan bahwa angklung adalah alat musik tradisional yang paling mudah dipelajari dan ia menjamin pertemuan ini akan menghasilkan 2 lagu yang dapat secara lancar dimainkan.

Acara tersebut dibuka oleh Kaharja, S.Pd., M.Pd., waka Humas dikarenakan Kepala Madrasah tengah berhalangan hadir. "MGMP SBP ini menjadi inspirasi dan sesuatu yang diinginkan MGMP mata pelajaran lain. Terbukti bahwa MGMP SBP selalu membuahkan hasil. Di MTsN 4 Bantul ini misalnya, para guru SBP selalu mengajari anak menghasilkan hasil yang nyata entah dalam wujud hasil karya seni ataupun hasil olahan masakan. Saya juga mengagumi keaktifan MGMP SBP dalam gaung publikasi sehingga menjadi eksis," ujar Kaharja.

Heni telah memenuhi statemennya dan terbukti sejumlah 20 guru SBP MTs se-kabupaten Bantul itu berhasil memainkan 2 lagu menggunakan iringan angklung, yakni lagu Kodhok Ngorek dan Gundhul-gundhul Pacul. Usai puas dengan keberhasilannya memainkan angklung, MGMP melanjutkan acara dengan pemilihan pengurus. Hasil yang disepakati untuk pengurus yang baru diketuai oleh Tahid dan Aris. (liz)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone