Mohon tunggu...
Lapas Perempuan Semarang
Lapas Perempuan Semarang Mohon Tunggu... Lainnya - Lapas Perempuan Semarang OKE (Optimis Komitmen E-Gov

Akun Resmi Kompasiana Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Jamin Hak Kesehatan Warga Binaan, LPP Semarang Gelar VCT, Skrining TBC, dan Skrining Kesehatan Mental

19 Januari 2023   15:15 Diperbarui: 19 Januari 2023   15:26 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semarang, INFO_PAS -- Jamin Kesehatan Warga Binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Semarang melaksanakan Voluntary Counseling and Testing HIV/AIDS (VCT), Skrinning TBC, dan Skrinning Kesehatan mental yang bertempat di Balai Pertemuan LPP Semarang, Kamis (19/1).

Dokpri
Dokpri
Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama berkat antara Lapas dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang, dan Puskesmas Poncol. Tim Kesehatan bersama Petugas Kesehatan Lapas kemudian langsung melakukan pemeriksaan pada warga binaan, yang berjumlah 292 orang.

Dokpri
Dokpri
Pemeriksaan tersebut dilakukan secara bergilliran antara lain registrasi awal, lalu pemeriksaan VCT HIV/AIDS dengan pemeriksaan sampel darah, dan konseling. Kemudian dilakukannya Skrining TBC, kemudian dilanjutkan Skrining Kesehaan Mental.

Dokpri
Dokpri
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Perempuan Kelas IIA Semarang, Kristiana Hambawani, menyambut baik kegiatan ini dan beliau mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait atas kerjasamanya membantu proses kegiatan. Tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah mendeteksi adanya HIV/AIDS, mencegah terjadinya penularan TBC, serta menjamin kesehatan mental warga binaan yang ada di dalam Lapas Perempuan Semarang.

Dokpri
Dokpri
"Terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Semarang, Puskesmas Poncol serta Petugas Kesehatan Lapas Perempuan Semarang yang telah melaksanakan kegiatan ini, terimakasih juga kepada WBP yang telah hadir untuk mengikuti kegiatan skrining hari ini. Saya harap kegiatan tersebut dapat di ikuti dengan aman dan tertib.", Ucap Kristiana

Hasil pemeriksaan tersebut, dari 287 yang mengikuti pemeriksaan VCT dinyatakan negatif, kemudian dari 292 warga binaan yang mengikuti Skrining TB ditemukan 5 orang Suspek TB, dan 24 ODMK (Orang Dengan Masalah Kejiwaan).
(RG/FR)

(Tim Humas LPP Semarang)
LPP Semarang OKE (Optimis, Komitmen, dan E-Gov)
@kemenpanrb @ditjenpas
#KumhamPasti
#Pemasyarakatan
#Ditjenpas
#lppsmgwbbm
#diary_kemenkumham
#ditjenpas
#kemenkumhamjateng
#jatenggayeng
#lppsmgwbbm

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone