Mohon tunggu...
Wardhani Lubis
Wardhani Lubis Mohon Tunggu... Konsultan - LEAD Fellow Cohort-9

learn and live the moment !

Selanjutnya

Tutup

Medan

Kwarran Medan Polonia Adakan KMD Bertahap

21 Januari 2023   11:32 Diperbarui: 21 Januari 2023   11:42 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Usai Upacara Pembukaan KMD di Cadika Medan, 7 Januari 2023

Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Medan Polonia di awal tahun 2023 membuat sebuah terobosan dalam penyelenggaraan KMD dengan sistem bertahap, yaitu diadakan 4 kali pertemuan harian dan 3 hari perkemahan. KMD terpimpin yang dinakhodai Pusdiklatcab Medan ini juga merupakan KMD pertama yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting di Medan. 

"Kwarran Medan Polonia melakukan sebuah inovasi untuk mengadakan KMD di akhir pekan, sehingga bagi Kakak-Kakak Pembina yang bekerja tidak perlu bolos dan bisa mengikuti kursus dengan lebih maksimal." sambut Ketua Kwarcab Medan Kak Muhammad Husni, SE, MM ketika membuka secara resmi kegiatan KMD Medan Polonia pada hari Sabtu tanggal 7 Januari 2023 di Aula Cadika Kwarcab Medan Jalan Karya Wisata Nomor 7 Medan Johor.

KMD atau Kursus Mahir Dasar merupakan suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi para pembina pramuka yang bertujuan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan pramuka yang meliputi perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, dan racana pandega. Kegiatan ini merupakan pembekalan bagi generasi bangsa khususnya anggota Gerakan Pramuka dengan harapan dapat menciptakan profil Pembina Pramuka masa kini yang sesuai dengan semangat revitalisasi Gerakan Pramuka, serta mempu menjadi motor pembentuk generasi muda yang beriman, bertaqwa, dan berbudi pekerti luhur.

KMD Medan Polonia berlangsung dalam 3 tahapan pertemuan, yaitu tanggal 7 dan 8 Januari 2023 (Tahap I), tanggal 14 dan 15 Januari 2023 (Tahap II), dan tanggal 20, 21, 22 Januari 2023 (Tahap III) dalam bentuk perkemahan Perjusami. Kelas KMD fokus Golongan Penggalang ini diikuti oleh 32 orang Pembina Pramuka yang tidak hanya berasal dari Gugusdepan yang berada di Kwarran Medan Polonia, tetapi juga dari Kwarran lain seperti Medan Johor, Medan Maimun, Medan Amplas, Medan Marelan, Medan Selayang, Medan Area, Medan Baru, Medan Tembung, dan Medan Kota.

Praktek Upacara Pembukaan Latihan Golongan Penggalang pada KMD Medan Polonia, Januari 2023
Praktek Upacara Pembukaan Latihan Golongan Penggalang pada KMD Medan Polonia, Januari 2023

Kepala Pusdiklatcab Medan Kak Abdul Latif, S.Pd menegaskan bahwa faktor kelulusan KMD ditentukan oleh penilaian berdasarkan kehadiran, keaktifan, dan penyelesaian tugas-tugas yang diberikan pelatih. Pusdiklatcab Medan mendukung penuh substansi kursus yang dipimpin oleh Kak Ali Kadir Lubis, S.Pd, M.Si sebagai Pemimpin Kursus serta kolaborasi luar biasa pelatih senior dan junior seperti Kak Kamilin, S.Pd, M.Pd, Kak Riza Yunita, SP, kak Satia Darma, Kak Rizki Martua Nasution, SH, Kak Dra. Zuraidah, dan Kak Hally Rismadani, S.Pd.I.

Ketua Kwartir Ranting Gerakan Medan Polonia Kak Yulia Indawardhani, SS, MSP mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan semangat peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan KMD, serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas dukungan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan, Pusat Pendidikan dan Latihan Kepramukaan Cabang (Pusdiklatcab) Kota Medan, Tim Pelatih, Panitia, Andalan Kwarran Medan Polonia sehingga KMD Medan Polonia dapat berjalan dengan baik, lancar, dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. (yl)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Medan Selengkapnya
Lihat Medan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone