Mohon tunggu...
Rivai Dunggio
Rivai Dunggio Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Aku akan melakukan yang terbaik buat orang lain

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Senam Hipertensi Bersama Para Lansia

25 Januari 2023   13:14 Diperbarui: 25 Januari 2023   13:26 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Studi Keperawatan Ambon merupakan salah satu institusi pendidikan kesehatan yang berada dibawah naungan Poltekniknik Kesehatan Kemenkes Maluku.  Sesuai misinya institusi ini melaksanakan kegiatan pengabdiaan kepada masyarakat dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang keperawatan dan kesehatan masyarakat.

Dosen pada Prodi Keperawatan Ambon dituntut harus mendukung dan melaksanakan misi tersebut sejalan dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain melaksanakan pembelajaran di kelas atau dilaboratorium, dosen harus dapat mengaplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat.

Salah satu masyarakat yang menjadi sasaran untuk mendapatkan pelayanan kesehatan adalah kelompok lanjut usia (lansia).  Panti Tresna Werda Ina-Kaka Ambon menampung lansia sebanyak 29 orang, dan 24% dari jumlah tersebut mempunyai tekanan darah tinggi (Hipertensi).

Menyikapi masalah tersebut, dosen Prodi Keperawatan Ambon Poltekkes Kemenkes Maluku melakukan pencegahan dan pengendalian dampak hipertensi dengan melakukan "Senam Hipertensi". Senam hipertensi ini menurut hasil penelitian merupakan salah satu upaya yang dapat menurunkan tekanan darah.

Pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk senam hipertensi ini dilakukan oleh Abdul Rivai Saleh Dunggio, Yona C. Sahalessy , Maya D.C. Masrikat dan Rony A. Latuminasse . Senam ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2023 Jam 8.00 WIT sampai selesai. Sebelum dan sesudah kegiatan senam peserta (lansia) dilakukan pengukuran tekanan darah.

Senam hipertensi ini diharapkan dapat dilakukan secara rutin di PSTW Ina-Kaka oleh pengelola agar para lansia tidak ada yang mengalami dampak dari Hipertensi. Selain itu pengelola panti harus dapat mengurangi penyajian makanan yang memicu terjadi peningkatan tekanan darah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone