Mohon tunggu...
Cokorda Agung Indra Wicaksana
Cokorda Agung Indra Wicaksana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Teknik

Mahasiswa yang gemar menulis

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Penggunaan Mobil Listrik Mendorong Transportasi Berkelanjutan di Dunia

26 Januari 2023   12:20 Diperbarui: 26 Januari 2023   12:43 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Mobil listrik merupakan kendaraan masa depan yang saat ini sedang menjadi topik hits yang sangat mengguncang dunia trasnportasi. Banyak pabrik mobil yang sekarang sudah mulai mengambangkan dan beralih dari memproduksi mobil bensin ke mobil listrik, bahkan banyak juga negara yang setuju dengan adanya mobil listrik sebagai pengganti mobil bensin yang sekarang banyak beredar. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih mendukung pembuatan mobil listrik, sekarang waktu yang tepat untuk kita beralih dari mobil listrik ke mobil bensin.

Faktor Lingkungan

Adapun, Alasan kenapa kita harus beralih ke mobil listrik salah satunya karena faktor lingkungan, seperti yang bisa kita lihat tingkat polusi udara yang sangat tinggi saat ini sebagaian besar berasal dari kendaraan bensin. Karena kendaaraan bensin tersebut mengeluarkan gas karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan dari asap kendaraan bensin. 

Dengan penggunaan mobil listrik dapat mengurangi tingkat polusi udara di jalanan ketika mobil listrik itu dikendarai (Mongabay). Maka gas karbon dioksida yang tinggi itu akan menurun secara perlahan karena mobil listrik itu murni 100% tidak menggunakan bahan bakar bensin sehingga mobil listrik itu tidak mengeluarkan gas karbon dioksida, karena pengganti bensin pada mobil listrik yaitu baterai dan mesin diganti dengan dimano yang tidak menghasilkan gas karbon dioksida saat beroperasi.

Faktor Ekonomi

Selain ramah lingkungan mobil listrik juga memiliki beberapa keunggulan salah satunya yaitu dapat dilihat dari segi ekonomi. Dengan menggunakan mobil listrik maka kita tidak perlu menghabiskan biaya bensin yang terlalu banyak, karena kita bisa mengisi ulang baterai pada mobil listrik dengan cara mencharge mobil itu dari rumah masing-masing. Untuk biaya chargenya lebih murah dari pada mengisi ulang bensin dan bisa dilakukan dimana saja jika terdapat sumber listrik untuk mencharge baterai tersebut. Dengan jarak tempuh 400 km untuk sekali pengecasan, maka tarif charge per km nya hanya sebesar Rp206,25 hingga Rp308,25 (IDN TIMES). Jadi untuk biaya operasional mobil listrik jauh lebih murah dibandingkan mobil bensin.

Faktor Ketersediaan Minyak Bumi

Ada alasan kuat kenapa Kita harus mulai beralih menggunakan mobil listrik. Salah satu faktor utamanya adalah ketersediaan minyak bumi yang menjadi bahan dasar dari bensin yang sudah mulai sangat sedikit. Karena jumlah minyak bumi yang sudah mulai sedikit tersebut membuat para pabrik mobil bensin mulai beralih ke mobil listrik, karena minyak bumi itu bukan sumber daya alam yang terbarukan dan jika sudah habis untuk membuatnya lagi membutuhkan proses yang sangat lama sekali. 

Jadi sekarang banyak pabrik mobil yang mulai fokus membuat mobil listrik karena jika minyak bumi kita habis maka mobil-mobil bensin tidak bisa berjalan lagi karena minyak bumi itu bahan bahan utama bensin yang sangat diperlukan oleh mobil-mobil yang sekarang banyak beredar. Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, total cadangan minyak Indonesia sebesar 3,95 miliar barel pada 2021. Jumlah itu terdiri dari cadangan terbukti sebanyak 2,25 miliar barel dan cadangan potensial 1,7 miliar barel (Monavia Ayu Rizaty, Agustus 2022).

Faktor Pemerintah 

Selain itu banyak negara yang pemerintahaannya banyak mendukung untuk mulai mengganti dari mobil listrik ke mobil bensin, bahkan ada beberapa pemerintah yang memberikan subsidi kepada calon pembeli mobil listrik sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli mobil listrik. Seperti pemerintah Indonesia memberi subsidi 80 juta kepala calon pembeli mobil listrik (CNN Indonesia). Selain itu juga perawatan mobil listrik juga jauh lebih gampang dari mobil bensin, karena mobil listrik itu tidak perlu mengganti oli, mengganti filter bensin dan lain-lain jadi perawatannya akan lebih murah dari mobil bensin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone