Mohon tunggu...
Maylizza Putri
Maylizza Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Surabaya

Hallo, bantu aku isi cup pengetahuanku akan menulis artikel ya😊

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Kamu Harus Tau! Tips Penting dalam Menjaga Skin Barier Tetap Sehat

23 Februari 2023   18:45 Diperbarui: 23 Februari 2023   18:44 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Sering kali kita bertanya atau mendengarkan pertanyaan seperti "Gimana sih caranya biar punya kulit wajah yang sehat?" "Kok kulit wajahku kering banget ya?" "Gimana sih biar kalo bangun tidur tuh wajah jadi glowing?" "Aduh, kulit wajahku banyak banget minyaknya." "Kok kulit wajahku gak ada perubahan ya?" dan masih banyak lagi pertanyaan mengenai permasalahan kulit wajah yang terjadi. Tidak dapat dipungkiri, merawat dan menjaga kulit wajah agar tetap sehat merupakan suatu hal yang susah-susah-gampang, karena banyak sekali faktor - faktor yang dapat mempengaruhi kegagalan dan keberhasilan dalam merawat kulit wajah kita. Merawat kulit wajah agar sehat tidak dapat dilakukan dengan waktu yang cepat atau instan, butuh ketekunan dan kesabaran ekstra didalam proses tersebut untuk hasil yang maksimal dan bertahan lama.

Namun, masih banyak orang tidak mengetahui cara sederhana dan mudah yang dapat dilakukan sehari-hari dalam merawat Kulit Wajah agar tetap sehat. Berikut merupakah Lima Langkah penting yang dapat dilakukan sehari-hari dalam menjaga kulit wajah agar tetap sehat:

1. Melakukan Double Cleansing Secara Rutin

Sering kali kita menganggap remeh dalam hal membersihkan wajah. Membersihkan wajah merupakan hal dasar yang wajib dilakukan setelah beraktivitas di dalam ruangan maupun di luar ruangan, dengan atau tanpa menggunakan Make Up. Membersihkan wajah dapat dilakukan menggunakan Cairan Pembersih wajah seperti Micellar Water, Cleansing Oil, Cleansing Balm, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan kita. Membersihkan Wajah tahapan awal sebelum mencuci wajah menggunakan sabun muka. Setelah kotoran, debu dan Make UpΒ terangkat dari wajah kita kemudian langkah selanjutnya yaitu dengan Mencuci Wajah dengan Sabun Muka yang sesuai dengan Jenis Kulit (Kering, Berminyak, Kombinasi, Sensitif). Menurut salah satu artikel alodokter.com, dalam memilih sabun muka juga sangat penting untuk diperhatikan, Bagi orang yang memiliki kulit kering dan sensitif sangat disarankan dalam memilik produk Face WashΒ yang tidak mengandung alkohol dan wewangian serta yang memiliki bahan kimia lembut atau rendah. Kemudian untuk Kulit Wajah Berminyak, disarankan menggunakan Face Wash dengan berbahan dasar lembut dan melembabkan tanpa membuat kulit menjadi minyak berlebihan seperti Face Wash yang mengandung Gliserin dan sangat disarankan dalam memilih produk perawatan kulit yang berlabelkan Non-Comedogenic agar produk tidak menyumbat pori-pori.Β 

2. Menggunakan Produk Toner wajah

Setelah melakukan Double CleansingΒ langkah selanjutnya yaitu menggunakan Toner Wajah yang sesuai dengan kondisi permasalahan wajah. Toner Wajah sendiri, digunakan untuk menetralkan PH pada wajah yang hilang pada saat melakukan Double Cleansing.Β Selain itu Toner juga dapat membantu mengangkat sisa kotoran yang tidak dapat terangkat oleh sabun pembersih muka. Bagi pemilik kulit berjerawat, Toner dengan kandungan tertentu dapat membantu meredakan peradangan, serta mencegah kemunculan jerawat baru. Selain itu Toner menjadi gerbang pada kulit wajah sebelum menggunakan produk skincare lainnya seperti serum, pelembap, dan sunscreen.

3. Menggunakan Serum Wajah

Setelah Produk Toner kering atau menyerap pada wajah seutuhnya, langkah yang selanjutnya dapat dilakukan yaitu menggunakan Serum yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulit Wajah. Jenis dan kandungan yang ada pada Produk Serum sangat beragam, oleh karena itu kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang kulit kita butuhkan kemudian menentukan akan menggunakan Serum yang memiliki kandungan apa. Jenis-jenis serum wajah dibagi menjadi beberapa kegunaan, yaitu diantara lain ada Serum Anti-Aging dimana serum ini berfungsi melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus, flek, dan kusam. Serum Anti-Aging biasanya memiliki kandungan Retinol, Fruit stem cells, Evening Primrose, Grape seed extract, Vitamin C dan banyak lagi. Β Kemudian Jenis serum kedua yaitu Serum Skin Brightening,Β diformulasikan untuk menjadikan wajah lebih cerah bersinar. Biasanya Serum Skin BrighteningΒ mengandung antioksidan seperti Vitamin C dan E. Kemudian ada Serum Acne, Hydrating Face Serum, Exfoliating Face Serum, dan Repairing Serum dimana biasanya digunakan untuk memulihkan kondisi kulit akibat jerawat atau flek akibat paparan sinar matahari berlebihan.

Serum juga didesain untuk beberapa jenis kulit, yaitu sebegai berikut: (helloseha.com)

- Kulit Berminyak : bagi kulit berminyak serum memiliki peran dalam memberikan cukup kelembapan tanpa harus menambahkan pelembap lagi. Serum terbaik untuk tipe kulit berminyak yaitu memiliki kandungan bahan aktif umum seperti Vitamin C, Hyaluronic Acid, Salicylic Acid, Gliserin, Niaciamide, dan Asam laktat.

- Kulit Kering dan Sensitif : Serum berfungsi dalam melembabkan kulit. Secara umum bahan aktif yang dapat digunakan yaitu Hyaluronic Acid, Gliserin, Panthenol, Niaciamide, Minyak atau ekstrak tumbuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone