Mohon tunggu...
Muhammad HannanIkromi
Muhammad HannanIkromi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

seseorang yang hobi menyelesaikan rubik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sejarah dan Perkembangan Bahasa Indonesia

19 Maret 2023   20:51 Diperbarui: 19 Maret 2023   20:59 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum teman-teman, disini saya akan memaparkan materi tentang sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia

Menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia No 24 Tahun 2009 bab 1 pasal 1, bahasa Negara Kesatuan Indonesia yang selanjutnya disebut Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah Bahasa Indonesia

Jika dilihat dari sisi sejarah Negara Indonesia, bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Melayu telah dipakai sebagai lingua franca (bahasa yang biasa digunakan untuk berkomunikasi antar orang-orang yang berasal dari latar belakang bahasa yang berbedaselama berabad-abad. Berdasarkan bukti-bukti sejarah yang ditemukan, seperti: prasasti yang ditemukan Palembang, Jambi, dan Bangka, bisa diambil kesimpulan bahwa bahasa Melayu sudah digunakan sejak dulu di beberapa daerah di Indonesia khususnya di daerah Sumatera dan beberapa kerajaan besar yang berpengaruh pada saat itu.

Pada saat perjuangan Bangsa Indonesia memerlukan bahasa pemersatu dalam berinteraksi antar suku bangsa yang ada di Indonesia. Pada tanggal 28 Oktober 1928 saat peristiwa Sumpah Pemuda, ditetapkan bahwa bahasa Melayu merupakan bahasa bangsa Indonesia, penetapan itu menjadi awal bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional. Lahirnya bahasa Indonesia bertujuan agar bangsa Indonesia memiliki bahasa yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia yang dilatarbelakangi oleh bahasa daerah yang sudah ada.

Kemudian pada saat proklamasi bahasa Indonesia menjadi semakin mantap kedudukannya, pada tanggal 18 Agustus 1945 bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional,yang terdapat dalam pasal 36, yang berisi "Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia".

Fase Perkembangan Bahasa Indonesia

Dalam perkembangannya bahasa Indonesia mengalami tiga fase perkembangan selama 81 tahun (1928-2009).

  • Fase bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang ditandai dengan adanya Ejaan van Ophuijsen dan Kongres Bahasa Indonesia I di Solo.
  • Fase bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara yang ditandai adanya Undang-undang Dasar 1945 pasal 36, Kongres Bahasa Indonesia II di Medan, Ejaan Suwandi, Ejaan yang Disempurnakan, Praseminar Politik Bahasa Indonesia pada tahun 1974, Seminar Politik Bahasa Nasional pada tahun 1975, Seminar Politik Bahasa pada tahun 1999.
  • Fase bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional yang ditandai adanya Kongres Internasional IX Bahasa Indonesia, Undang-undang Nomor 24 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, dan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK)

Fungsi Bahasa Indonesia

Dalam kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional Bangsa Indonesia, memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Lambang kebanggaan nasional;
  • Lambang identitas nasional;
  • Alat pemersatu suku yang memiliki budaya dan bahasa yang berbeda
  • Alat penghubung antar daerah dan antar budaya.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya paparkan dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone