Mohon tunggu...
Muhammad Hanif
Muhammad Hanif Mohon Tunggu... Mahasiswa - profesi saya sebagai mahasiswa

saya memiliki hobi bermain bola

Selanjutnya

Tutup

Diary

Tantangan dalam Hidup

25 Januari 2023   12:01 Diperbarui: 25 Januari 2023   12:03 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Di lantai 4 di sudut dekat ruangan kelas perkuliahan, tampak sosok pria yang sedang duduk sembari tertawa bersma teman temannya. memakai celana hitam dengan baju kemeja kesukaannya. sosok pria tersebut bernama Muhammad Hanif.

Ketika awal masuk kuliah, dia tidak ikut dalam organisasi apapun di kampusnya, baik internal maupun external kampus. dia tidak begitu tertarik dengan jurusan yang saat ini ia ambil. kesukaan pada pelajaran olahraga saat waktu sekolah membuatnya menginginkan wadah yang tepat  untuk dijalaninya selama empat tahun kedepan.

Namun, penolakan dari kampus kampus negeri dengan jurusan yang diminatinya membuatnya memaksakan diri berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi yang sebenarnya tidak terlalu berlawanan dengan kemampuannya. tak begitu mampu berkomunikasi dengan baik membuatnya pesimis dalam menajalani perkuliahannya.

Entah apa yang ada dipikirannya saat itu, ia memilih jurusan yang ia rasa menarik untuk ditantang karena kurangnya kemampuan dalam berkomunikasi. Namun, ia adalah sosok yang suka bergaul. Ia menantang dirinya masuk di Jurusan Ilmu Komunikasi agar kelak setelah tamat, ia mampu berkomunikasi dengan baik mengingat komunikasi adalah hal terpenting dalam setiap aktivitas. 

Demi mengatasi keterbatasannya itu, iapun memutuskan untuk tidak sekedar KUPU-KUPU (Kuliah Pulang-Kuliah Pulang). Ia mulai aktif dalam organisasi eksternal kampus dan ia juga aktif mengikuti berbagai acara dan kegiatan yang menurutnya bisa menjadikannya pandai dalam berkomunikasi. 

Keikutsertaannya dalam berbagai rangkaian acara organisasi memaksanya untuk berkomunikasi. Perlahan-lahan ia bisa berkomunikasi meski belum begitu tepat namun ia sudah mampu berbicara di depan orang banyak.  

Diantara kesibukannya itu, ia menyelipkan satu kesibukan lagi yaitu bekerja. Tak ingin merepotkan keluarga dengan kebutuhan yang ia inginkan, iapun bekerja sebagai Barista di salah satu cafe dekat kampusnya dan menjadi partner shopee sebagai driver shopeefood.

Selain karena ingin terus memberanikan diri berkomunikasi, ia juga sungguh-sungguh menjalankan amanah yang sedang di emban. Setiap hari ia selalu berkegiatan, mulai hari senin sampai jumat dengan perkuliahannya dan hari sabtu minggu dengan pekerjaannya, bahkan terkadang juga ia mengikuti diskusi dengan organisasinya yang ia ikuti.

Pelajaran-pelajaran yang dijalananinya dalam mata kuliah Ilmu Komunikasi memaksanya untuk bisa dan mampu dalam menjalaninya. Hingga membuatnya kini tak begitu malu seperti dulu saat ia masih duduk di bangku SMA. Usahanya untuk berani berkomunikasi berhasil. Aktifitas bekerja, organisasi, hingga kuliah dikerjakannya secara rutin . Berharap, kelak ia mampu menjadi sosok wanita yang mampu berkomunikasi dengan baik di depan umum.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone