Mohon tunggu...
Mohamad Rifqi Panto
Mohamad Rifqi Panto Mohon Tunggu... Lainnya - UNIVERSITAS AISYIYAH

SUKA OLAHRAGA BIAR IDEAL

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Intervensi Fisioterapi Post Stroke pada Lansia

26 Januari 2023   02:53 Diperbarui: 26 Januari 2023   03:03 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

INTERVENSI FISIOTERAPI PADA KASUS POST STROKE PADA LANSIA

Disusun Oleh:

Mohamad Rifqi S.Panto

2110301108

PROGRAM STUDI S1 FISIOTERAPI

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS 'AISYIYAH YOGYAKARTA

2022/2023

ABSTRAK:Masa lansia atau proses penuaan itu pasti terjadi dalam kondisi manusia. Berbagai macam jenis penyakit sangat mudah menyerang fungsi organ tubuh kita. Untuk meminimalisir penyakit yang datang dibutuhkan lifestyle yang baik dengan cara olaharga yang rutin dan edukasi tentang kesadaran Kesehatan. Otak merupakan organ unik dan dahsyat tempat diaturnya proses berfikir, kesadaran, berbahasa,emosi dan kepribadian. Konsekuensinya sebagai pusat dari kognitif dan memori, sensomotoris dan psikiatrik emosi. Bila terjadi gangguan di otak maka akan mengakibatkan penurunan fungsi otak. Salah satu penyakit yang diderita akibat adanya gangguan di otak adalah stroke. Stroke adalah gangguan neurologik mendadak yang terjadi akibat terhambatnya aliran darah melalui suplai arteri otak. Stroke merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tibatiba terganggu. Stroke juga bisa diartikan sebagai gejala-gejala defisit fungsi susunan saraf yang diakibatkan penyakit pembuluh darah otak yang berlangsung selama 24 jam atau lebih dan dapat berakhir dengan kematian. 

PEMBAHASAN:

Rehabilitasi stroke dapat dilakukan pada lansia yang sedang mengalami stroke. Stroke adalah salah satu penyakit yang sering ditemui pada orang lanjut usia. Pasca terjadinya penyakit seperti stroke, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa perubahan kemampuan penunjang kehidupan penderita seperti penurunan kemampuan berjalan, berekspresi, hingga berbicara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone