Mohon tunggu...
Muhamad AFF
Muhamad AFF Mohon Tunggu... Wiraswasta - Karyawan swasta

Barokallah

Selanjutnya

Tutup

Seni

Mengapresiasi Kerajinan Ukir Kayu

17 Januari 2023   14:50 Diperbarui: 17 Januari 2023   14:58 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Seni ukir kayu merupakan warisan budaya bangsa. Di beberapa wilayah Indonesia, seni ukir kayu memiliki kaitan erat dengan sisi sejarah, sisi filsafat, bahkan sisi ekonomi masyarakat. Tingkat kenaikan ukirannya pun berbeda-beda di setiap daerah, karena seni ukir kayu awalnya tidak hanya diciptakan untuk berkesenian saja, melainkan juga terikat dengan kepercayaan yang berkembang di masyarakat. Seni ukir kayu merupakan karya anak bangsa sebagai warisan turun temurun yang berharga dan wajib dilestarikan.

Kerajinan kayu telah hadir di tengah-tengah kehidupan manusia dalam aneka bentuk. Kegiatan membuata kerajinan berawal dari dorongan kebutuhan manusia untuk membuat alat atau barang yang diperlukan dalam kebutuhan sehari-hari. Seni kerajinan merupakan salah satu produk karya seni, yang di ciptakan beriontasi pada aspek fungsional dan estetik. Kerajinan sebagai karya fungsional tidak cukup hanya memenuhi aspek fungsi saja melainkan juga memerlukan sentuhan keindaan,untuk meningkatkan kuwalitasnya.

Kayu diukir dengan cara menoreh, menggores dan memahat dengan menggunakan pahat. Ada banyak cara untuk mengukir kayu dari cara yang paling sederhana sampai mengukir dengan tingkat kesulitan dan butuh penguasaan yang kompleks.

Teknik yang digunakan untuk mengukir berbahan kayu dapat dimulai dari pemotongan kayu utuh hingga memahat serta proses finishing. Di Indonesia seni mengukir masih banyak dilakukan dengan cara manual. Pengerjaan dengan cara manual memerlukan waktu yang lama dan memerlukan biaya yang besar. Oleh karena itu untuk mengatasinya mengukir dapat dilakukan dengan menggunakan mesin router.

Macam-macam kerajinan kayu dapat dikategorikan berdasarkan fungsinya, yaitu sebagai fumgsi praktis dan fungsi estetis. Kerajinan kayu sebagai praktis adalah produk kerajinan yang dapat digunakan sebagai tempat atau dapat dipakai sebagai wadah, contonya tempat tisu, wadah buah tepak dan lain-lain. Sedangkan kerajinan kayu dengan fungsi estetis adalah kerajinan kayu yang difungsikan sebagai hiasan atau pajangan/elemen interior dan ekterior, misalnya topeng, wayang kayu, miniatur hewan, dan lain-lain.

Dalam hal ini dapat di simpulkan bahwa kerajinan ukir kayu dapat menjunjung tinggi kebudayaan ke kreatifan di indonesia. Kerajinan ukir kayu juga dapat memotifasi anak muda untuk terus mengembangkan kreasi moderen yang bisa memunculkan kreatifitas baru dan membawa kemanca negara.    

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone