Mohon tunggu...
Nabila Athifa
Nabila Athifa Mohon Tunggu... Lainnya - undergraduate student

an undergraduate student who currently travels the world by reading fiction books

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

KKN-T Surabaya 5 Kebonsari Membantu Mengembangkan 5 Bidang Posdaya

14 November 2022   09:02 Diperbarui: 15 November 2022   15:19 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengirimkan mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata -- Tematik (KKN-T) di Desa Kebonsari, Surabaya. Kegiatan KKN mahasiswa turun ke desa dimulai dari 16 September 2022 dan berlangsung sampai 4 bulan kedepan, lebih tepatnya di akhir Desember 2022. Dalam penerjunan di desa kebonsari ini terdapat kelompok 5 KKN-T yang ber anggotakan 15 mahasiswa, dengan dosen pembimbing KKN-T Bapak Galih Wahyu Pradana. S.A.P., M.Si. dari fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa.

Desa Kebonsari merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Mayoritas penduduk di kelurahan kebonsari ini memiliki mata pencaharian sebagai wirausaha. Hal ini didukung dengan banyaknya tempat UMKM di daerah setempat. Selain itu beberapa warga juga bekerja sebagai pegawai dan karyawan.

Dikelurahan Kebonsari memiliki unsur kekeluargaan sangat erat antar warga dalam bidang pengembangan lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa prestasi yang diraihnya dalam pengembangan lingkungan se-kota Surabaya. Prestasi ini melibatkan berbagai pihak dalam kelurahan itu sendiri baik dari PKK, pegawai kelurahan, maupun masyarakat setempat secara langsung.Oleh karena itu, untuk menunjang kegiatan pengembangan masyarakat dikelurahan kebonsari baik dalam bidang lingkungan maupun wirausaha, kelompok KKN-T 5 kelurahan kebonsari, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya akan membantu desa untuk merealisasikan beberapa keterampilan dengan memberikan pelatihan pemanfaatan bahan disekitar desa, dengan pemberdayaan kegiatan 5 bidang (ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, lingkungan dan sosial).

Setelah melakukan beberapa rancangan program kerja, mahasiswa KKN melakukan wawancara terhadap masyarakat "Bagaimana sejauh ini hasil kerja dari mahasiswa KKN kelompok 5 UNESA di di Desa Kebonsari?".Berikut beberapa program kerja kelompok 5 KKN-T Unesa yang telah berjalan dan pandangan masyarakat terkait hasil kerja serta harapan masyarakat terhadap KKN Surabaya 05 Kebonsari:

  • Bank Sampah 

Kegiatan bank sampah ini membantu masyarakat dalam mengelola sampah berupa tabungan sampah untuk sampah anorganik, kemudian untuk pengolahan sampah organic menjadi kompos, ada pula pengepulan limbah rumah tangga berupa minyak jelantah (bekas). Lalu saat program kerja ini dilakukan oleh mahasiswa kkn terdapat kesan yang disampaikan oleh masyarakat seperti "Mahasiswa KKN sangat membantu dalam proses pemilihan sampah karena kurangnya SDM didesa kebonsari".

Proker Bank Sampah
Proker Bank Sampah

Hasil program kerja bank sampah sejauh ini menurut masyarat desa "sangat berdampak baik untuk masyarakat karena mampu membantu dan menyelesaikan permasalahan yang ada dalam bank sampah salah satunya pemanfaatan minyak jelantah yang dijadikan lilin". Dan masyarakat dalam program kerja ini juga berharap untuk KKN Surabaya 5 "Semoga dilancarkan selalu segala urusan dalam perkuliahan dan selalu disukseskan serta berterimakasih karena adanya KKN kelurahan kebonsari ini lagi-lagi sangat membantu masyarakat".

  • Bantaran Hijau 

Kegiatan bank sampah ini dilakukan untuk pembersihan, merapikan taman dibantaran sungai dan melakukan pembibitan sayur-sayur an di lahan bantaran yang kosong. Adanya kegiatan ini menurut masyarakat "Adanya anak KKN dikelurahan kebonsari sangat membantu sekali karena diwilayah kebonsari juga ada program yang bernama GEBLAK Hijau, sehingga semakin mendukung adanya program didesa dan lebih mengembangkan program yang sudah ada".

Pembibitan di sekitar bantaran
Pembibitan di sekitar bantaran

Proker Bnataran Hijau
Proker Bnataran Hijau

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone