Mohon tunggu...
Najma AthiyaNurmanida
Najma AthiyaNurmanida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Brawijaya

Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Ketahui 10 Manfaat Press Release Bagi Bisnis. Apa Saja?

26 Januari 2023   09:41 Diperbarui: 27 Januari 2023   10:45 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dikutip dari Casa Kreatif, press release merupakan salah satu cara marketing yang dapat digunakan oleh sebuah perusahaan dengan mempublikasi penerbitan artikel ke media massa online . Hal tersebut sudah banyak dipakai semenjak industri periklanan masih memakai cara yang tradisional hingga saat ini ketika industri periklanan sudah berganti memakai cara secara digital.

Apa itu Press Release?

Sebelum anda mengetahui manfaat dari press release, alangkah baiknya mengetahui lebih dalam  terlebih dahulu mengenai apa itu press release. Dilansir dari Wikipedia, press release yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai siaran pers adalah tulisan atau rekaman yang ditujukan langsung kepada media dengan tujuan untuk mengumumkan sesuatu yang memiliki nilai berita agar terpublikasi di media masa.

Baca juga: Apa Perbedaan dari Press Release dan News Release?

Berbagai pihak sudah sering memakai jasa press release seperti instansi, lembaga pemerintah, hingga ke perusahaan- perusahaan yang besar maupun yang kecil. Hal tersebut dilakukan supaya informasi terkini yang menyangkut instansi, Lembaga, dan brand tersebut memperoleh publikasi yang layak serta sesuai dengan tujuan mereka. Pada akhir bagian press release terdapat latar belakang yang berisi informasi singkat yang dapat dipakai penulis untuk memperbanyak artikel mereka.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan media untuk membuat press release yang mereka dapatkan. Mereka dapat menerbitkannya secara apa adanya, atau ditulis Kembali agar meneyesuaikan dengan format yang dimiliki oleh media mereka. Selain itu, merea juga dapat meringkas kembali informasi yang berbelit-belit atau juga dapat menambahkan informasi dengan cara melakukan interview ataupun mendapatkannya dari sumber-sumberlain untuk melengkapi beritanya.

Baca juga: 3 Cara Jitu Mengirim Press Release Tembus ke Media Nasional

Manfaat Press Release Bagi Bisnis

1. Meningkatkan Reputasi

Karena diunggah dalam bentuk berita jurnalistik, isi yang disampaikan dalam press release memilikkki popularitas yang lebih baik dan isa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas. Jika di padankan dengan iklan yang biasa, press release dapat membuat branding menjadi lebih meningkat lebih positif.

2. Nilai Iklan

Walaupun press release dibuat dalam bentuk jurnalistik, akan tetapi press release masih mengandung nilai iklan karena di dalamnya terdapat informasi mengenai suatu produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, press release memiliki 2 dampak positif sekaligus yaitu menginfokan hal terkini mengenaik produk, sekaligus mempromosikannya.

3. Target Audens yang Luas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone