Mohon tunggu...
neva avida
neva avida Mohon Tunggu... Editor - mahasiswi

sosial-politik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peduli Pendidikan Bersama Program Kampus Mengajar 4 di SMP Nuhuudliyyah

26 Januari 2023   09:07 Diperbarui: 26 Januari 2023   09:16 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kampus mengajar angkatan 4 merupakan program lanjutan dari program kampus mengajar angakatan 3 yang terbukti sukses dalam pembuktian dedikasi yaitu menyukseskan tingkat pendidikan di indonesia. program kampus mengajar sendiri merupakan program kementrian pendidikan riset dan teknologi republik indonesia dalam memberikan pembekalan kepada mahasiswa untuk siap terjun di masyarakat dan di dunia kerja, kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian di lapangan di instansi/ lembaga pendidikan negeri maupun swasta. 

Kegiatan kampus mengajar angkatan 4 di Smp Nuhuudliyyah Parijatah Kulon telah berlangsung dari bulan Agustus sampai dengan Desember 2022. Mahasiswa yang ditugaskan berasal dari Universitas Jember dan Universitas Negeri Malang. Dalam satu kelompok berjumlah 6 orang yaitu Neva Avida, Naya Valentina, Nanda Putri Mardiana, Nila Yulli Cahyani, Nicky Merry Bidadari dan Nilla Erika Sintya, dengan dosen pembimbing lapangan Bpk. Galih Farhanto M.Pd dari Universitas PGRI Banyuwangi.

Program Kampus membuka ruang bagi mahasiswa untuk menggunakan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam membantu siswa sekolah dasar dan menengah ini. Program ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengembangkan passion,semangat, dan keinginan mahasiswa. Selain itu, mahasiswa diharapkan menjadi sumber inspirasi bagi siswa sekolah dasar dan menengah untuk memperluas cita-cita dan wawasan mereka. Oleh karena itu, laporan ini memuat hasil yang telah dicapai selama program kerja dan kegiatan mengajar di SMP Nuhuudliyyah Srono.

Dari observasi yang dilakukan, kurang lebih selama 5 bulan ini di Smp Nuhuudliyyah memang terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran siswa. Antara lain kurangnya motivasi belajar, minimnya sarana dan prasarana sekolah, serta kurangnya pendidikan karakter siswa. Dari situasi dan kondisi yang kami dapati di sekolah, kami membuat beberapa program yang diharapkan dapat membantu pembelajaran terutama di bidang literasi dan numerasi, selain itu kami juga membantu adaptasi teknologi dan membantu administrasi guru di sekolah. Adapun program-program yang kami susun antara lain Tak Kenal Maka Tak Sayang, Mind Mapping, Belajar sambil Bermain, Mading Sekolah, AKM kelas, Project Pelajar Pancasila, Jumat sehat, Jumat bersih, Jumat literasik, Jumat numerasik, Lomba 17 Agustusan, Movie time G30 S, Piket harian serta membuat modul pembelajaran.

Kepala sekolah Smp Nuhuudliyyah Ahmad Morsidi, S.Pd.I dalam sambutan perpisahan dan pelepasan mahasiswa yang telah selesai tugasnya (12/12/22) menyampaikan ucapan terimakasih kepada kemendikbud ristek yang telah mempercayai Smp Nuhuudliyyah sebagai sasaran program kampus mengajar, khususnya para mahasiswa yang telah bertugas dengan sungguh-sungguh penuh pengabdian dan dedikasi untuk mentrasfer ilmu dan pengetahuan kepada siswa dan siswi kami. Ahmad Morsidi menambahkan “Jika dipercaya lagi untuk menerima program kampus mengajar angkatan selanjutnya, maka kami akan dengan senang hati menerima dengan tangan terbuka” di akhir sambutan “ kami doakan semoga para mahasiswa yang telah mengabdikan dirinya di Smp Nuhuudliyyah Parijatah Kulon yang cukup terpencil ini menjadi berhasil, sukses serta dipermudahkan dalam studinya kelak.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Berbagai rekomendasi program kerja dan saran sudah dilaksanakan mahasiswa kampus mengajar angkatan 4 dengan sebaik mungkin. Mahasiswa berharap semoga kedepanya program ini dapat berjalan lebih merata dan tepat sasaran untuk tugas utama para mahasiswa kampus mengajar yaitu program literasi, numerasi, membantu adaptasi teknologi, serta membantu administrasi sekolah dan guru. Dari keseluruhan program kampus mengajar angkatan 4 yang dilaksanakan di Smp Nuhuudliyyah semoga dapat berdampak positif, baik itu mulai dari siswa bahkan seluruh warga sekolah Nuhuudliyyah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone