Mohon tunggu...
Noer Ashari
Noer Ashari Mohon Tunggu... Operator - Operator Sekolah

IKI (Inovatif, Kreatif dan Inspiratif)

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Perlu Dipertimbangkan: Jika Calon Pasangan Hidupmu Mempunyai Sifat Ini

26 Januari 2023   11:52 Diperbarui: 26 Januari 2023   12:01 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Pasangan(pexels.com/Ivan Samkov)

Calon pasangan hidup adalah seseorang yang diusulkan atau dipertimbangkan sebagai pasangan dalam suatu hubungan romantis atau keluarga. Ini bisa berupa pacaran atau pernikahan yang akan datang. Dalam konteks yang lebih luas, calon pasangan hidup bisa merujuk pada seseorang yang dianggap cocok secara emosional, intelektual, dan fisik untuk menjadi pasangan hidup seseorang.

Jadi untuk menentukan pasangan hidup, kita harus lebih selektif dalam memilihnya. Tentunya yang sesuai dengan sifat dan kepribadian kita. Tidak mungkin kita memilih pasangan hidup yang tidak sesuai dengan kriteria kita. Namun perlu di perhatikan kembali jika kamu benar-benar serius untuk melanjutkan hubunganmu ke jenjang yang selanjutnya yaitu pernikahan. Jika calon pasangan hidupmu mempunyai salah satu sifat ini, maka harap dipertimbangkan lagi. Sifat yang seperti apa? Ini dia :

  • Pasangan yang tidak memiliki komitmen: Pasangan yang tidak siap untuk mengambil komitmen serius dalam hubungan atau menikah mungkin tidak cocok untuk jangka panjang.
  • Pasangan yang tidak kompatibel: Pasangan yang tidak memiliki kesamaan dalam hal nilai-nilai, tujuan hidup, atau kepribadian mungkin akan mengalami kesulitan dalam menjaga hubungan jangka panjang.
  • Pasangan yang tidak dapat mengatasi masalah: Pasangan yang tidak dapat mengatasi masalah yang muncul dalam hubungan secara efektif dapat menyebabkan masalah dalam jangka panjang.
  • Pasangan yang tidak dapat mengekspresikan perasaan: Pasangan yang tidak dapat mengekspresikan perasaan dan harapan mereka secara terbuka dapat menyebabkan masalah dalam komunikasi dan pemahaman dalam hubungan.
  • Pasangan yang tidak dapat mengatasi perbedaan: Pasangan yang tidak dapat mengatasi perbedaan pendapat, budaya, atau keyakinan dapat menyebabkan masalah dalam hubungan.
  • Pasangan yang memiliki masalah kekerasan: Pasangan yang menunjukkan tanda-tanda kekerasan fisik atau emosional dalam hubungan harus dihindari sebelum menikah.

Ada banyak tipe pasangan yang dapat menyebabkan masalah dalam hubungan jangka panjang. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang dan setiap hubungan unik, dan tanda-tanda peringatan mungkin berbeda dari satu pasangan ke pasangan lainnya. Penting untuk mendengarkan perasaan kamu dan juga menggunakan logika kamu, jangan hanya karena alasan cinta, kamu sampai melupakan logika kamu. 

Jangan ragu untuk bercerita kepada orang yang sangat kamu percayai, seperti sahabat, ibu atau ayah,  jika kamu merasa tidak yakin tentang hubungan kamu atau merasa tidak aman. Bila perlu mencari atau minta tolong kepada bantuan profesional. Ingatlah bahwa menemukan pasangan hidup yang sehat dan kompatibel adalah proses yang memerlukan waktu dan usaha.

Memang manusia tidak ada yang sempurna, namun setidaknya kita bisa meminimalisir kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang, jika kita mengetahui sifat pasangan kita.

Semangat buat teman-teman yang sedang berproses mencari pasangan hidup :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone