Mohon tunggu...
Novia JatiRamadhani
Novia JatiRamadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kampus di Yogyakarta

-

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pentingnya Warming Up Sebelum Melakukan Exercise

26 Januari 2023   01:05 Diperbarui: 26 Januari 2023   01:09 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pemanasan merupakan aspek terpenting dalam suatu latihan (exercise). Setiap orang perlu melakukannya dengan benar, untuk memaksimalkan performa dan memperkecil resiko cedera pada tubuh. Pemanasan juga membantu olahragawan berkonsentrasi pada saat sesi berlangsung. Pemanasan yang baik merupakan hal yang dasar dalam memastikan sesi latihan yang produktif. Dengan pemanasan detak jantung dan sirkulasi darah akan meningkat secara perlahan, dan jika sirkulasi darah meningkat, suplai nutrisi dan oksigen otot juga akan meningkat. Selain itu suhu tubuh akan meningkat secara perlahan menuju suhu ideal untuk olahraga, dengan suhu tubuh yang ideal, reaksi pembentukan energi di otot akan lebih cepat.

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan pentingnya (manfaat) pemanasan sebelum exercise/latihan. Dimana pada kenyataannya masih ada yang beranggapan bahwa pemanasan itu tidak perlu dilakukan dan mengabaikan pemanasan. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan dan dapat menjadi kebiasaan yang salah. Maka perlu dicari upaya untuk menyampaikan gambaran pengetahuan yang tepat, karena dengan melakukan pemanasan sebelum melakukan exercise memiliki banyak manfaat.

Beberapa persiapan yang dapat dilakukan dalam aktivitas olahraga diantaranya adalah melakukan pemanasan ( Warming Up). Pemanasan sangat berguna untuk mempersiapkan tubuh secara psikologis dan fisik atau physical performance. Tetapi kenyataannya masih ada yang berpendapat dan menganggap bahwa pemanasan tidak perlu dilakukan dan mengabaikan pemanasan. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan dan dapat menjadi kebiasaan yang salah. Maka perlu dicari upaya untuk menyampaikan gambaran pengetahuan yang tepat, karena dengan melakukan pemanasan sebelum melakukan exercise sangat banyak manfaatnya.

Pemanasan pasif

Pemanasan pasif melibatkan berbagai peralatan dengan beberapa cara dari luar (eksternal) untuk menaikkan suhu tubuh, termasuk didalamnya diatermi (aliran atau arus / getaran listrik untuk memanaskan jaringan dalam ) pemanasan yang ditempelkan, mandi uap, sauna dan pancuran panas atau mandi air panas. Meskipun tidak banyak atlet yang mempraktekkannya, namun penampilan atau kinerja fisik akan meningkat dibandingkan dengan yang tidak melakukan pemanasan sama sekali. Keuntungan yang diperoleh dari pemanasan pasif adalah ada kemungkinan berkurangnya kerusakan akibat menipisnya cadangan energi, karena jumlah kegiatan yang tidak seberapa.

Pemanasan umum

Proses pemanasan dengan intensitas latihan harus ditingkatkan secara bertahap untuk meningkatkan kapasitas kerja organisme melalui augmentasi fungsional sistim syaraf otonom, yang selanjutnya proses metabolisme akan berlangsung secara menyeluruh dan akan terjadi dengan lebih cepat. Akibatnya aliran darah akan meningkat, suhu tubuh naik dan akan merangsang pusat pernafasan, sehingga dapat mengakibatkan peningkatan suplai oksigen pada organisme. Peningkatan suplai O2 dan aliran darah akan melebarkan potensi kerja organisme, yang dapat membantu olahragawan melakukan unjuk kerja secara lebih efektif. Seiring dengan meningkatnya suhu tubuh dari gerakan yang dilakukan juga diikuti meningkatnya temperatur kelompok-kelompok otot secara efektif. Waktu pemanasan hendaknya antara 15-30 menit atau bahkan lebih lama dan diakhiri 5-10 menit untuk aktifitas pemanasan khusus.

Manfaat Pemanasan

Kebanyakan orang yang melakukan aktifitas fisik secara teratur, berpendapat bahwa ia memiliki alasan bahwa apa yang ia lakukan menyebabkan badan merasa lebih nyaman. Sehingga mereka dapat dikatakan lebih mementingkan kesehatan oleh aktifitas fisik yang teratur.

Kata Kunci : pemanasan , olahraga

Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, Zenal Arifin, 2015

Manfaat Pemanasan dalam Latihan Olahraga, Muhammad Mariyanto

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone