Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Belajar Manfaat Minyak Jagung

26 Januari 2023   10:51 Diperbarui: 26 Januari 2023   10:57 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

RSI BANJARNEGARA - Untuk diketahui, minyak jagung digunakan di seluruh dunia di rumah dan restoran untuk keperluan memasak. Pada tahun 1898, minyak diekstrak dari jagung untuk digunakan memasak. Minyak ini dikenal sebagai mazoil. Karena banyak kegunaan dan manfaat dari penggunaan minyak goreng ini, minyak ini banyak digunakan di sebagian besar rumah dan restoran untuk memasak semua jenis makanan.

Beberapa manfaat paling penting dari penggunaan minyak jagung adalah sebagai berikut.

Kaya Vitamin E: Salah satu manfaat terpenting dari minyak goreng ini adalah adanya vitamin E. Ia bertindak sebagai anti-oksidan dalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Lemak tak jenuh ganda: Berbeda dengan minyak goreng lainnya, mengandung persentase besar minyak tak jenuh ganda yang cukup sehat untuk jantung. Ini membantu mengurangi kolesterol dan terbukti bermanfaat bagi tubuh.

Memasak: Minyak jagung dapat digunakan dengan aman untuk memasak dengan api besar karena memiliki titik asap yang tinggi. Penting untuk memilih minyak goreng dengan titik asap tinggi saat menggoreng dan memanggang karena minyak dengan titik asap rendah dapat terurai dan membentuk radikal bebas saat terlalu panas.

Murah: Dibandingkan dengan minyak zaitun dan minyak goreng lainnya, harganya relatif lebih murah. Selain itu, karena harganya yang cukup murah, orang jarang menggunakannya kembali karena minyak bekas dapat merugikan kesehatan.

Beberapa Kegunaan Penting Minyak Jagung:

Memasak: Minyak jagung terutama digunakan untuk keperluan memasak. Karena memiliki titik asap yang tinggi, digunakan untuk menggoreng makanan di atas 450 derajat Fahrenheit. Bisa digunakan untuk berbagai keperluan memasak lainnya karena dianggap sehat dan aman.

Digunakan pada Baja: Selain untuk keperluan memasak, digunakan untuk berbagai keperluan. Dapat digunakan pada stainless steel agar tampak mengkilap dan baru.

Margarin: Ini juga merupakan bahan utama di sebagian besar jenis margarin karena mengandung rasa pedas dan ringan.

Sabun: Minyak goreng ini juga digunakan untuk membuat berbagai jenis sabun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone