Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Adakah Makanan Baik untuk Otak

26 Januari 2023   11:55 Diperbarui: 26 Januari 2023   12:03 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
RSI BANJARNEGARA. DOK PRI


RSI BANJARNEGARA
-  Beberapa makanan ternyata bisa bermanfaat bagi tubuh, terutama otak. Tapi makanan apa yang bermanfaat bagi otak dan di mana bisa menemukannya?

Ini adalah fakta yang sangat terkenal bahwa banyak makanan yang kita makan hari ini dapat menyebabkan banyak penyakit yang bisa kita dapatkan di kemudian hari. Penyakit seperti itu bisa berupa masalah jantung, diabetes, kanker, bahkan penyakit Alzheimer. Bahkan ada laporan bahwa 5 makanan penyebab kanker teratas adalah donat, keripik, bacon, hot dog, dan kue. Ini bisa menjadi fakta yang menakutkan, terutama jika memiliki anak. Namun alih-alih memberi makan anak-anak Anda makanan yang mungkin membusukkan tubuh mereka, juga otak mereka, ada banyak makanan tersedia yang disukai anak-anak dan baik untuk mereka.

Beberapa makanan yang bagus untuk otak adalah pilihan yang jelas, sementara beberapa lainnya memiliki manfaat yang belum banyak diketahui. Kita semua pernah mendengar manfaat makan ikan, tetapi juga sangat bermanfaat bagi otak.

Ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu sirkulasi pembuluh darah, membawa lebih banyak oksigen ke otak, dan menurunkan kolesterol. Sayuran juga memiliki reputasi lama sebagai makanan sehat bagi tubuh, tetapi juga bagus untuk otak. Sayuran memiliki tingkat GI (indeks glikemik) rendah yang berarti membantu memperlambat distribusi gula dalam aliran darah Anda, mencegah kerusakan gula, sekaligus memberikan lebih banyak oksigen ke otak.

Beberapa makanan lain yang mengandung kadar GI rendah adalah biji-bijian, sereal, nasi, dan spageti. Makanan lain yang bagus untuk aktivitas otak adalah kalkun, telur, oatmeal, jeruk bahkan selai kacang. Kisaran protein selai kacang yang tinggi sangat baik untuk kesehatan otak dan perkembangan otak. Itu sebabnya di kelas memasak untuk anak-anak, hal pertama yang selalu mereka ajarkan kepada anak-anak adalah cara membuat sandwich selai kacang dan jeli karena tidak hanya disukai anak-anak, tetapi juga bagus untuk kesehatan otak mereka.

Susu dan produk susu seringkali memiliki tingkat GI lebih rendah daripada buah dan dibutuhkan untuk oksidasi yang tepat ke otak. Selain itu, makanan apa pun dengan kadar protein tinggi sangat bagus untuk otak. Makanan berprotein tinggi melepaskan asam amino tingkat tinggi yang membantu meningkatkan kekuatan otak. Dua dari asam amino yang ditemukan dalam makanan berprotein tinggi adalah triptofan dan tirosin yang dianggap sebagai blok pembangun penting neurotransmitter di otak. Neurotransmiter ini berfungsi sebagai pembawa yang mengirimkan sinyal dari satu bagian otak ke bagian lain dan sangat penting dalam aktivitas otak yang tinggi. (*)

Nugroho HUMAS RSI BANJARNEGARA

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone