Mohon tunggu...
FTI News
FTI News Mohon Tunggu... Administrasi - Staff Humas FTI UAD

Humas FTI UAD

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Dosen UAD Berikan Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Pelaku Usaha di Prawirodirjan Gondomanan Yogyakarta

11 Januari 2023   21:00 Diperbarui: 11 Januari 2023   21:16 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Internet Khususnya Melalui Sosial Media Dan Marketplace (dokpri)

(FTI) Saat ini kebiasaan baru yang meningkat secara drastis adalah perilaku masyarakat dalam bertransaksi atau berbelanja online. Salah satu faktor pendorong dan pemercepat perubahan perilaku masyarakat dari transaksi konvensional menjadi transaksi elektronik berbasis internet ini adalah adanya pandemi covid-19 yang lalu. Kebijakan pemerintah mengenai bekerja dari rumah (WFH) dan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang berlangsung sekitar 2 tahun telah memberikan dampak perubahan perilaku masyarakat atau yang dikenal dengan kebiasaan baru. Salah satunya adalah belanja online dan transaksi elektronik.

Perilaku masyarakat ini menjadi tantangan bagi para pelaku usaha khususnya UMKM. Perubahan tersebut harus juga diikuti oleh pelaku usaha untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Para pelaku usaha dituntut untuk melek teknologi dan terbiasa dengan berbagai sumber daya internet seperti sosial media dan marketplace untuk dapat menggapai pasar yang lebih luas dan lebih besar, sayangnya tidak semua pelaku usaha siap dengan perubahan tersebut. Para pelaku usaha khususnya UMKM di wilayah kelurahan Prawirodirjan mengaku ingin dapat memperbesar pendapatan usahanya melalui internet tetapi tidak tahu bagaimana memulainya dan bagaimana strateginya.

Bambang Robi'in, S.T., M.T. Dosen FTI UAD Sebagai Narasumber Utama (dokpri)
Bambang Robi'in, S.T., M.T. Dosen FTI UAD Sebagai Narasumber Utama (dokpri)

Menanggapi persoalan tersebut, Bambang Robi'in, S.T., M.T. dosen Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan memberikan program pelatihan digital marketing strategi kepada para pelaku usaha di kelurahan Prawirodirjan khususnya di RW. 15. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan secara rutin olehnya. Bambang robi'in menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pelaku usaha di Prawirodirjan mengenai bagaimana strategi pemasaran melalui internet khususnya melalui sosial media dan marketplace untuk meningkatkan penjualan para pelaku usaha.

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 3 Desember dan 10 Desember yang lalu. Selain kegiatan pelatihan, para pelaku usaha juga mendapatkan pendampingan selama 2  minggu untuk praktek langsung melakukan pemasaran melalui sosial media dan marketplace. Para pelaku usaha mengaku sangat senang dengan kegiatan ini dan merasa sangat terbantu sehingga mereka dapat memulai pemsaran usahanya melalui sosial media atau marketplace.

Bambang robiin berharap dengan menerapkan pemasaran secara online, para pelaku usaha dapat meningkatkan layanannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang pada akhirnya juga akan menaikan pendapatanya.

/(ns)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone