Mohon tunggu...
Nur Aisyah_71
Nur Aisyah_71 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKM 140 UIN Malang

Bismillah sukses

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Tim KKM UIN Malang Adakan Sosialisasi Pengaruh Gadget terhadap Pertumbuhan Anak di Desa Belung Kecamatan Poncokusumo

24 Januari 2023   21:35 Diperbarui: 25 Januari 2023   07:36 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKM UIN Malang berfoto bersama Kader PKK Desa Belung, Rabu (18/1/2023). Foto: Sie Pubdedok KKM UIN Malang

Malang, Kompasiana - Mahasiswa UIN Malang yang sedang menjalani KKM di Desa Belung mengadakan sosialisasi terkait pengaruh gadget terhadap pertumbuhan anak. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh ibu-ibu PKK dan dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Belung, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Rabu (18/1/2023).

Sosialisasi ini diadakan karena mengingat bahwa dua tahun terakhir anak-anak diharuskan menggunakan gadget untuk pembelajaran daring. Kegiatan pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan di sekolah menjadi berlangsung secara online, karena untuk mencegah penyebaran Covid-19. Peraturan ini mengakibatkan anak merasa jenuh hingga pada akhirnya anak bermain gadget terus-menerus dan kecanduan terhadap gadget. Kondisi tersebut juga berlanjut di era sekarang, dimana sekolah memanfaatkan gadget sebagai media pembelajaran seperti mengirim tugas dan materi pelajaran.

Habib Al Qorni (anggota KKM 140  UIN Malang) dan Ayu Anggraini (anggota KKM 139  UIN Malang) merupakan pemateri dalam kegiatan sosialisasi. Kedua pemateri menjelaskan mengenai dampak dari penggunaan gadget oleh anak terhadap aspek sosial, pendidikan, dan kesehatan serta pencegahan penggunaan yang berlebihan.

Beberapa penjelasan dari pemateri yaitu mengatakan bahwa pengaruh penggunaan gadget terhadap aspek sosial dapat menciptakan cita-cita baru, emosi baru, dan mimpi baru sehingga juga mempengaruhi kepribadian anak, selain itu dampak terhadap kesehatan yaitu mempengaruhi perkembangan motorik, kognitif, dan emosional.

Penyampaian materi oleh Habib Al Qorni (Mahasiswa KKM 140 UIN Malang), Rabu (18/1/2023). Foto: Sie Pubdedok KKM UIN Malang
Penyampaian materi oleh Habib Al Qorni (Mahasiswa KKM 140 UIN Malang), Rabu (18/1/2023). Foto: Sie Pubdedok KKM UIN Malang

Inti kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mengedukasi orang tua khususnya para ibu mengenai dampak penggunaan gadget terhadap anak-anak. Peran orangtua sangat penting dalam penggunaan gadget bagi anak. Orang tua berperan dalam hal membimbing dan mengajarkan anak. Jika anak terus diawasi ketika menggunakan gadget maka akan menggunakannya dengan baik namun sebaliknya apabila tidak diawasi dan diperhatikan maka gadget tersebut akan disalahgunakan misalnya digunakan untuk bermain game dan melihat tontonan yang kurang baik.

Tim KKM UIN Malang berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat mengurangi dampak negatif penggunaan gadget secara berlebihan, khususnya pada  anak-anak Desa belung serta memberikan pengarahan kepada orang tua dalam melakukan pencegahan terhadap fenomena ini.

Penulis: Nur Aisyah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone