Mohon tunggu...
Nuroh
Nuroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya memilki hobi dibidang ke olahragaan dan saya memiliki kepribadian yang ceria.

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Sektor Wisata Religi Sunan Ampel Ramai Kembali, Tingkat Pendapatan Penduduk Lokal Meningkat pada Pasca Pandemi Covid-19

1 November 2022   16:57 Diperbarui: 1 November 2022   17:00 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemulihan perekonomian Indonesia pada paska pandemi melalui sector pariwisata religi dengan membuka lapangan kerja baru pada masa pasca pandemic. Seperti yang terjadi di kawasan lokasi wisata religi sunan walisongo, misalnya adalah di Sunan Ampel Surabaya dan Sunan Bonang Kabupaten Tuban. 

Pada hari Sabtu tanggal 8 Oktober 2022 yang bertepatan dengan hari libur besar peringatan maulid nabi Muhammad S.A.W, tingkat pengunjung wisata di  Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Giri membludak. Tidak hanya pengunjung local dari Jawa Timur saja yang berkunjung atau berwisata tetapi banyak juga pengunjung dari daerah luar Jawa Timur, seperti adanya rombongan dari Magelang, Cilacap, Jakarta, dan pengunjung dari luar kta lainnya. 

Terbukanya sector wisata religi  setelah pandemic covid-19 ini mendorong masyarakat ingin melakukan kunjungan atau liburan ke berbagai tempat. Hal ini menjadi faktor pendorong bagi bisnis travel yang sempat menjamur di masa pandemic. Selain itu, banyaknya pengunjung dari luar daerah akan membantu meningkakan perekonomian masyarakat yang hidup sekitar tempat wisata. Mereka mulai membuka berbagai lapangan kerja kembali. Seperti menjadi tukang ojek atau tukang becak dari tempat parkir ke tempat kompleks pemakaman yang cukup jauh yaitu dengan jarak satu hingga tiga kilo meter. Selain itu, Penduduk lokal di kompleks pemakaman tersebut banyak yang menjadi penjual makanan atau kuliner khas daerah wisata, penjual aksesoris khas daerah sebagai barang oleh-oleh, jasa potret instan di sekitar daerah wisata, tukang tarif loket, tukang parkIr, cleaning service, dan lain-lain.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Meningkatnya kapasitas pengunjung dapat menghidupkan kembali lapangan pekerjaan di sektor pariwisata. Dengan membukanya kembali lapangan kerja tersebut maka dapat mengurangi tingkat pengangguran serta meningkatkan pendapatan penduduk daerah tersebut. Dengan demikian tingkat perekonomian di Indonesia dapat mengalami peningkatan di masa pasca pandemic covid-19.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone