Mohon tunggu...
Okta Chandra RK
Okta Chandra RK Mohon Tunggu... Guru - Pengisi Materi di Belajar Bareng Okta Channel

Suka matematika, sekaligus mengajar matematika. Saya juga mengelola blog mathclinic.my.id dan juga channel youtube belajar bareng okta yang berisi seputar matematika. Saya juga sedang mengembangkan blog ladangilmu.my.id

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Sehat Itu Mahal | 7 Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Kesibukan

25 Januari 2023   09:38 Diperbarui: 25 Januari 2023   16:16 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi Oleh Okta Chandra RK

Saat kita sehat dan kuat melakukan segala aktivitas, kita sering melupakan makna sehat itu sendiri. Saat kaki kita masih bisa melangkah, tubuh kita masih bisa berdiri, otak kita masih bisa berfikir kita seharusnya bersyukur dengan nikmat itu. 

Sudah selayaknya kita menjaga kondisi diri kita sendiri. Kita harus tahu kapan saatnya beristirahat, kapan saatnya makan, kapan harus berhenti. Sehingga kita akan tahu batasan diri kita sendiri. Sehingga kondisi tubuh tetap terjaga.

Berikut saya rangkum 7 tips menjaga kesehatan, berdasarkan pengalaman pribadi saya.

1. Jaga pola makan dan asupan makanan yang kita makan

Untuk menjaga kondisi tubuh, pola makan mempengaruhi kondisi tubuh kita. Kita perlu tahu makanan yang kita makan sebaiknya makanan yang seperti apa. Sehingga asupan nutrisi tetap terpenuhi namun tetap enak untuk dimakan. Sehingga pola makan kita akan membantu menjaga daya tahan tubuh kita.

Menurut pengalaman saya, kita harus mengatur jadwal makan. Sebaiknya makan tepat waktu dan setidaknya sehari 3 kali. Usahakan agar tidak terlalu melebihi jadwal makan yang sudah biasa kita lakukan. Dengan begitu tubuh kita tak akan lemas dan dapat beraktivitas dengan penuh tenaga.

Selain jadwal makan Kita juga perlu memperhatikan makanan yang kita makan. Sebisa mungkin kurangi makanan yang terlalu berminyak, berlemak, terlalu pedas, terlalu panas. Yang sedang-sedang saja agar tidak berlebihan sehingga tidak menggangu sistem pencernaan.

2. Atur pola kerja

Durasi bekerja pun perlu diperhitungkan, sesuaikan dengan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh. Bila tubuh sudah memberikan sinyal artinya itu sudah di taraf yang mampu ditahan oleh tubuh, sehingga untuk evakuasinya kita perlu berhenti sebelum sinyal itu diberikan lagi oleh tubuh.

Setiap manusia punya batasannya sendiri, bergantung sinyal yang diberikan oleh tubuh. Kita bisa melihat dan merasakan ke tubuh kita masing-masing. Sejauh mana batasan tubuh kita saat kita bekerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone