Mohon tunggu...
Nanang B Setiawan
Nanang B Setiawan Mohon Tunggu... Dosen - nikmati yang tersaji

☆ pernah menjadi bankir ☆ dosen tidak tetap ☆ pelaku usaha

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menulis Sebagai Sarana Pengembangan Diri

25 Januari 2023   09:18 Diperbarui: 25 Januari 2023   09:33 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: gramedia.com

Menulis sebagai sarana pengembangan diri - Menulis merupakan sebuah metode mudah yang acapkali dipergunakan untuk mengungkapkan segala rasa yang terpendam dalam hati saat sulit tercurahkan secara lisan.

Sedang bagi sebagian orang menulis membutuhkan waktu, kesabaran, keluasan pengetahuan dan kemampuan dalam menyusun kata-kata. Tidak setiap pribadi dikaruniai passion itu.

Menulis bagi kalangan akademisi merupakan metode dalam proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat banyak ilmu pengetahuan yang sangat berharga bagi insan peserta ajar.

Kerja keras para pengajar yaitu dosen, guru, trainner sangat diharapkan dalam mengemas sebuah artikel atau tulisan yang mampu menarik para peserta ajar serta disesuaikan dengan era digital 5.0 supaya tanpa disuruhpun mereka sadar diri akan pentingnya sebuah karya tulis/karya ilmiah, dan ini tidak mudah tapi juga tidak sulit.

Sekarang wujud tulisanpun beragam, tidak melulu dalam bentuk buku hardcopy, dalam bentuk ebook, artikel di blog pribadi maupun publik dan konten di media sosial dan lain-lain, yang lebih simpel sesuai dengan karakter gen y dan gen z.

Lantas Apa Saja Manfaat Menulis Bagi Proses Belajar Mengajar?

Membantu Berpikir Lebih,

Menulis akan membantu pikiran seseorang mencapai derajat potensi tertinggi. Mengkongkretkan sebuah ide, sebuah memory external dengan banyak informasi yang di dapat yang direpresentasikan dalam bentuk huruf, angka, gambar yang tentunya dapat dengan mudah dianalisa sehingga bermanfaat untuk perkembangan kognitif para peserta ajar.

Memperkuat Memori,

Dengan menulis materi mata kuliah atau mata pelajaran atau materi konten sekalipun akan mendapatkan keuntungan yaitu membantu memperkuat informasi dalam memori.

Sebuah informasi akan cepat terlupakan, oleh karenanya dengan menulis akan membantu menyimpan memori dalam jangka panjang untuk sebuah informasi dari materi yang sedang mereka pelajari.

Serta menuangkan buah pikir diatas kertas (paperless atau kertas digital) sebagai sarana peserta ajar dalam mengevaluasi ide-ide yang tersajikan.

Meningkatkan Kemampuan Menjelaskan Ide,

Berekspresi melalui tulisan merupakan salah satu cara menjelaskan ide-ide secara detail agar dapat dimengerti serta membantu keterampilan dalam berbicara dan berkomunikasi kepada orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone