Mohon tunggu...
Nanang B Setiawan
Nanang B Setiawan Mohon Tunggu... Dosen - nikmati yang tersaji

☆ setidaknya pernah menjadi bankir ☆ dosen tidak tetap dan pelaku usaha ☆ lupa kalau pernah menulis buku ajar "kewirausahaan dalam proyek, aspek dan prospek bisnis", juli 2020

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Monitoring Saham, Saatnya Jual atau Beli

26 Januari 2023   07:39 Diperbarui: 27 Januari 2023   04:30 601
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
iustrasi/monitoring saham (Sumber: Thinkstock via Kompas.com)

Saham, salah satu bentuk investasi aset selain obligasi, surat utang negara, reksadana, dan lain sebagainya.

Lebih disarankan kepemilikan saham dalam bentuk saham syariah. Saham syariah telah tersedia di beberapa aplikasi investasi saham dengan code emiten dan bidang usaha yang dikelola.

Meskipun tujuan dalam melakukan investasi saham untuk jangka panjang dan sesibuk apapun Anda tetap wajib secara rutin memantau pergerakan saham yang dimiliki.

Agar Anda tetap mengetahui kondisi saham yang dikelola serta dapat melakukan tindakan antisipasif atau bahkan ekspansif, karena investasi saham dikenal sebagai investasi yang high risk high return.

Investasi yang mampu menghasilkan keuntungan lebih besar dibandingkan investasi lainnya namun berpotensi memiliki risiko yang besar pula.

Lantas, kapan monitoring saham yang tepat?

Saatnya Monitoring Saham

Kapan waktu monitoring saham? Apakah di awal jam bursa saham buka, menjelang sesi pertama tutup, di sesi kedua atau menjelang penutupan jam bursa saham, di awal bulan, di akhir bulan, di momen-momen tertentu, atau di waktu yang mana dari waktu-waktu tersebut diatas? Jawabnya silahkan simak.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Jadwalkan Secara Periodik,
Setelah saham emiten tertentu terbeli buatlah jadwal secara berkala untuk memantau atau melakukan pengecekan atas saham yang dimiliki.

Jika tujuan investasi saham jangka panjang dan bukan untuk trading maka monitoring tidak harus setiap saat. Karena hal ini justru akan membebani Anda dengan waktu yang terbuang dan kecemasan berlebihan yang tak berarti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone