Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Human Resources - Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

3 Aturan Public Speaking Untuk Meningkatkan Penjualan

26 Januari 2023   12:06 Diperbarui: 26 Januari 2023   12:20 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Motivator | Pembicara | Public Speaking "It doesn't matter how elegant the argument or inspiring the prose, a presentation won't mode anyone if the presenter isn't visibly feeling what they are saying." John Neffinger

Sebagaimanapun Anda membuat sebuah presentasi, hal ini tidak akan bisa menggerakkan audiens Anda jika Anda tidak melibatkan emosi yang kuat didalamnya. Sama halnya dengan public speaking yang biasa dibawakan, public speaking dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan juga memiliki aturan-aturan yang harus diikuti agar tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik.

Tentunya ada perbedaan antara public speaking yang biasa dibawakan, dengan public speaking yang memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan. Dimana pada public speaking yang biasa dibawakan Anda memikirkan bagaimana agar audiens dapat memahami materi yang Anda sampaikan, sedangkan dalam public speaking untuk meningkatkan penjualan Anda memikirkan bagaimana agar audiens tertarik untuk membeli produk Anda.

Berikut ini adalah 3 aturan yang harus Anda perhatikan saat membawakan public speaking untuk meningkatkan penjualan : 

1.  Kenali audiens Anda 

Sebelum Anda melakukan presentasi kepada audiens, maka Anda harus mengenali dulu siapakah audiens yang akan datang pada presentasi Anda tersebut, bagaimana latar belakangnya, apa kebutuhan beliau hingga memilih hadir pada presentasi Anda, dan lain sebagainya.

Dengan https://www.kompasiana.com//ongky86969/63d20a3f96b68073b5522db2/3-aturan-public-speaking-untuk-meningkatkan-penjualan tersebut, Anda dapat mempersiapkan teknik apa yang sekiranya dapat diterima dan dipahami dengan mudah oleh audiens Anda. Pastikanlah sebelum Anda mengenali audiens, Anda sudah memastikan bahwa merekalah target pasar yang pas untuk produk Anda.

2. Libatkan emosi 

Buatlah audiens Anda merasakan emosi yang Anda salurkan melalui presentasi tersebut, buat audiens Anda mengingat presentasi Anda dengan emosi yang tersalurkan secara baik kepada mereka. Jika Anda menggunakan sebuah cerita sebagai jembatan untuk mengantarkan emosi tersebut, maka pilihlah cerita yang memiliki hubungan dengan apa yang sementara Anda bahas.

Jangan berikan sebuah presentasi yang monoton untuk audiens karena hal tersebut akan membuat audiens Anda menjadi bosan bahkan mengantuk, sehingga apa yang Anda sampaikan akan sulit diterima oleh audiens.

3. Bangun hubungan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone