Mohon tunggu...
Apriliya Nur Rafin Saputra
Apriliya Nur Rafin Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah orang yang rajin bermalas-malasan.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Pemanfaatan Digital Marketing dalam Industri sebagai Strategi Pemasaran pada UKM

24 Januari 2023   00:36 Diperbarui: 24 Januari 2023   00:42 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Pemanfaatan teknologi sangat berguna dalam membantu kegiatan pemasaran. Dengan adanya pemanfaatan teknologi yang baik, sebuah perusahaan dapat menjangkau peminat menjadi lebih luas dan memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan melalui beragam pilihan platform. Kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital dikenal dengan sebutan digital marketing.

Digital marketing adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk memasarkan suatu produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Hal ini juga menjadi sebuah strategi untuk meraih jumlah orang untuk menciptakan ketertarikan dan permintaan terhadap suatu produk. Dari pernyataan tersebut, ada beberapa hal yang dapat disorot:

  • "Strategi": Dibutuhkan kombinasi beberapa strategi untuk meningkatkan pendapatan bisnis.
  • "Meraih jumlah orang": Sebuah keunggulan dari digital marketing dibandingkan dengan cara pemasaran yang konvensional. Dengan digital marketing, dapat menekan waktu dan biaya untuk dapat menjangkau lebih banyak orang dalam satu waktu yang sama.
  • "Menciptakan ketertarikan dan permintaan": Digital marketing dapat memengaruhi seseorang yang sebelumnya tidak tertarik bisa menjadi tertarik dengan suatu produk atau jasa melalui pesan yang disampaikan secara digital.

Digital marketing disarankan untuk diterapkan di hampir seluruh jenis bisnis. Keuntungan memanfaatkan platform digital marketing untuk memanfaatkan bisnis sebagai berikut.

1. Dapat menjangkau audiens yang lebih luas

Dengan menerapkan strategi pemasaran digital, kita dapat menjangkau pasar secara lebih meluas bahkan  dapat menjangkau audiens yang berada di belahan bumi lain tanpa harus mengkhawatirkan batasan wilayah dan waktu.

Perlunya mengatur target audiens yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Hal yang lebih menguntungkan dengan menerapkan digital marketing adalah biayanya yang murah. Tingginya biaya yang diperlukan untuk meraih audiens pada metode pemasaran konvensional membuatnya perlahan ditinggalkan oleh banyak pelaku bisnis.

2. Dapat diukur dengan data yang akurat

Keuntungan lain yang bisa  didapatkan dengan menerapkan strategi digital marketing adalah data yang terukur. Memasang iklan menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, ataupun Google Ads, hasilnya dapat dipantau secara real-time dan dapat melihat berapa banyak orang yang sudah melihat iklan yang dipasang serta responnya terhadap iklan tersebut. Jika memasang iklan berupa video, kita bisa memantau berapa lama orang menghabiskan waktu untuk menonton video tersebut.

Seluruh data dapat dilihat dengan begitu jelas dan akurat sehingga memudahkan untuk menganalisis dan mengevaluasi strategi marketingnya. Menentukan langkah selanjutnya dalam memasarkan produk bisnispun dapat terlaksana dengan perencanaan yang matang.

Berbeda dengan pemasaran melalui metode konvensional seperti iklan di koran atau spanduk di pinggir jalan, kita tidak tahu berapa banyak orang yang terpengaruh oleh media iklan tersebut. Akan terasa sulit mengevaluasi strategi iklan tersebut, karena tidak ada data akurat yang tersedia.

3. Tidak Perlu Banyak SDM Penjualan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone