Mohon tunggu...
Rama Guna Wibawa
Rama Guna Wibawa Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis terus sampe lupa caranya berhenti, kecuali adzan, makan dan Bucin

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Isalam Nusantara

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Stop Berkata Malas Baca! Ini Manfaat Baca Buku Pada Malam Hari

21 Januari 2023   12:14 Diperbarui: 21 Januari 2023   12:17 265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kamu Tahu Ga sih, Wakil Presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta, yang akrab disapa Bung Hatta, memiliki koleksi buku lebih dari 30.000 buku. Nah kalau kamu sendiri udah berapa buku yang udah kamu baca ?

Kalau jawaban kamu "tidak terhitung" , Selamat ya tum. Artinya kamu sudah tau seberapa pentingnya membaca buku dalam kehidupan sehari-hari. Namun apabila kamu menjawab "Baru sedikit nih kebetulan" tidak perlu khawatir, yuu terusin dan tingkatin lagi membacanya ya.

Membaca buku tidak perlu lama-lama hanya dengan beberapa lembar saja dan kita tau isi dan manfaatnya itu jauh lebih dari cukup ko.

Membaca buku memang perlu waktu keluangan, sehingga tidak heran, banyak orang yang membaca buku ia lakukan sebelum beraktivitas kesehariannya, di sela-sela aktivitasnya dan akhir dari aktivitasnya yaitu membaca buku sebelum tidur.

Membaca buku sebelum tidur menjadi solusi bagi sebagian orang yang memiliki kesibukan dalam pekerjaannya. Setelah ia menghabiskan waktunya dari pagi hingga sore untuk mengerjakan segala hal, maka membaca sebelum tidur adalah obat mujarab dalam membuatnya sedikit lebih tenang.

Banyak sekali manfaat membaca buku sebelum tidur yang belum diketahui orang. Seperti apa saja manfaatnya, yuu simak artikel ini dengan baik. Selamat membaca!

1.Menimalisir Stres

Pertama, yaitu menimalisir stres. Rumah adalah tempat tinggal seseorang setelah ia menghabiskan waktu kesehariannya dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, pekerjaannya, kuliahnya dan lain sebagainya. Namun kita sering kali merasa stress meskipun sudah pulang kerumah. Pikiran kita sudah mulai riuh dan tidak tenang memikirkan to do list esok hari.

Nah, dengan membaca buku menjelang tidur, cocok bagi kamu untuk menimalisir stres. Hal ini memang tidaklah mudah, mengalihkan pikiran kita dari pekerjaan yang teramat sulit hingga mendalami isi cerita buku yang disajikan penulis.

Akan tetapi, jika kita berhasil terhanyut pada bacaan kita, setidaknya kita dapat mengurangi stres hingga 68% meskipun kita membaca hanya kurun waktu 6 menit. Sebagaimana yang dilansir dari sleep Advisor.

2.Dapat mengatasi Insomnia

Kedua, Yaitu manfaat membaca buku pada malam hari dapat mengatasi Insomnia, Hayo siapa nih yang sering Overthinking di malam hari. Dari pada kita memikirkan hal-hal yang tidak jelas dan tidak benar kebenarannya, lebih baik kita isi waktu menjelang tidur kita dengan membaca buku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone