Mohon tunggu...
Raras Ahlul
Raras Ahlul Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Di sini akan berisi artikel tentang dunia pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD Negeri Joketro 1: Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Dunia Pendidikan di Indonesia

26 Januari 2023   12:05 Diperbarui: 26 Januari 2023   12:13 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD Negeri Joketro 1 : Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Dunia Pendidikan di Indonesia

Kampus mengajar merupakan program kampus merdeka yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran, juga menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah. Mahasiswa kampus mengajar akan ditempatkan di sekolah yang membutuhkan seperti kurangnya bentuk pembelajaran terkait peningkatan literasi dan numerasi siswa serta belum memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan lainnya. SD Negeri Joketro 1, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan merupakan salah satu sekolah sasaran kampus mengajar. Sesuai dengan tujuan kampus mengajar yaitu mengembangkan model pembelajaran di sekolah guna meningkatkan literasi dan numerasi, mahasiswa memiliki berbagai program yang akan diterapkan selama penugasan. Program tersebut antara lain :

  • Mengajak siswa membaca buku selama 15 menit sebelum pembelajaran, Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat meningkatkan pengetahuan, menambah ide dan informasi serta memperluas cakrawala. Program mahasiswa mengajak membaca setiap pagi yaitu sambil bermain. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa.
  • Praktek Corong Penjumlahan, Kegiatan ini merupakan cara untuk mengajarkan siswa guna meningkatkan numerasi siswa. Corong penjumlahan terbuat dari barang bekas yang memudahkan siswa dalam berhitung.
  • Mengajar dengan Teknologi, Siswa sekarang pasti banyak bosannya dengan pembelajaran yang biasa mereka dapatkan bersama bapak ibu guru. saat ini mahasiswa memiliki model pembelajaran dengan media seperti youtube sehingga apabila siswa memegang hp di rumah mereka dapat mengakses video yang kami sebarkan di youtube,  mengajar dengan melihat power point (ppt) yang mahasiswa buat  terkait materi yang diajarkan serta memberikan edukasi kepada siswa cara menggunakan teknologi dengan baik dan benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone