Mohon tunggu...
Rd.
Rd. Mohon Tunggu... Lainnya - .

tentang buku, sepeda, debian, motor tua, musik, makanan, bubin LantanG dan bang Rhoma

Selanjutnya

Tutup

Diary

Sekilas Kenangan Tentang "Kesalahan"

24 Januari 2023   18:55 Diperbarui: 24 Januari 2023   19:00 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

..and now that you've been broken down, got your head out of the clouds, you're back down on the ground and you don't talk so loud and you don't walk so proud any more, and what for..

Estranged - G n' R

Lagi-lagi gara-gara tulisan Ika Septi tentang lagu Estranged, berhasil melemparkan kenangan saya ke akhir Januari di tahun 2017, tak terasa sudah enam tahun berlalu semenjak masa yang tak bakal mau saya ulangi lagi. Kapok.

Lirik lagu di atas, sampai-sampai saya cantumkan di lembaran tersendiri di disertasi, saking mewakilinya akan keadaan saat itu, saat hidup di pinggir jurang, dalam artian sebenarnya, karena itu adalah hari-hari terakhir tenggat waktu ujian akhir.  Lewat sehari saja dari akhir Januari, sudah dipastikan kampus akan memvonis memutuskan hubungan status mahasiswa, dan gelar DO alias drop out akan diberikan, alih-alih gelar Dr yang diharapkan.

Makanya seringkali perjalanan studi yang sangat jauh dari kata mulus ini, kadang-kadang saya jadikan semacam kalimat motivasi bagi para mahasiswa, jangan sampai mereka seperti saya, karena bagaimanapun waktu adalah terlalu sayang untuk disia-siakan, kalau bisa cepat selesai studi dan lulus buat apa berlama-lama.

Rupanya pengalaman buruk seringkali bisa dijadikan teladan juga, tapi agar orang lain tak mengalaminya, karena tahun-tahun terakhir studi di masa perpanjangan waktu adalah seperti mengalami mimpi buruk setiap hari, dikejar-kejar tenggat waktu seminar, kelengkapan kelulusan, penerbitan jurnal, dikejar-kejar pertanyaan ketua jurusan, dekan, administrasi kampus, pertanyaan-pertanyaan dari kantor dan juga kebingungan dari keluarga serta tentu saja terkadang pertanyaan dari kawan-kawan.

Jadi, yang salah siapa jikalau ada masalah saat studi? Tentu saja yang bersangkutan, yang menjalaninya, karena tidak merencanakan segala sesuatunya dengan cukup baik.  Tidak mempersiapkan plan A sampai Z dengan rapi.  Jadi tak usahlah menyalahkan siapa-siapa jika ada mengalami masalah saat sekolah, kuliah, bekerja, maupun dalam hidup, itu adalah konsekuensi dari diri sendiri, kok. 

Kalau sudah begitu, yaudahlah. sesuai potongan lirik lagu di atas, merunduklah, turun ke bumi, menjauh dari awang-awang, tak usah banyak bicara dan jangan pernah merasa lebih hebat dari siapapun, introspeksi dan kembali meralat dan mengevaluasi perjalanan yang telah dijalani, dirunut, dicari celah masalah, lalu berusaha bangkit berjalan dan mencari jalan penyelesaian.

Duh, gara-gara sepotong lirik lagu, jadi panjang ceritanya dan melebar kemana-mana.  Semoga saja sepotong perjalanan hidup ini bisa ada gunanya, paling tidak menjadi sesuatu untuk dibaca. Demikianlah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone