Mohon tunggu...
Destyar Saly
Destyar Saly Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - ordinary student

enfp

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Waspada Skincare Bermerkuri

12 Maret 2023   19:51 Diperbarui: 12 Maret 2023   20:02 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada masa modern ini https://www.kompasiana.com//rebelsoul/640dcac73555e42e0216fff2/waspada-skincare-bermerkuri mudah sekali didapat melalui internet, termasuk https://www.kompasiana.com//rebelsoul/640dcac73555e42e0216fff2/waspada-skincare-bermerkuri tentang kesehatan mengenai perawatan kulit atau skincare. Skincare sendiri adalah produk yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan integritas kondisi kulit.

Namun kerap ditemukan zat-zat berbahaya yang dimasukkan kedalam komposisi skincare salah satunya adalah merkuri. Apa itu merkuri? Dikutip dari Wikipedia, merkuri atau air raksa adalah unsur kimia yang di alam terkandung dalam bebatuan di kerak bumi dengan massa jenis dan toksisitas yang. Bahan ini sering digunakan pada produk krim pemutih karena hasilnya yang instan.

Umumnya bahan ini banyak dijumpai sebagai bahan di baterai, bohlam lampu, termometer, otomotif, emisi sisa pembakaran batu bara, pengolahan emas. Oleh karena itu, merkuri sangat tidak baik untuk dijadikan bahan produk skincare. Dibanding manfaatnya, merkuri sendiri memiliki dampak negatif yang lebih besar untuk kesehatan.

Bahaya merkuri bagi kesehatan dan kulit:

1. Penipisan kulit, pembulatan darah di dalam kulit akan terlihat jelas karena menipisnya lapisan kulit.

2. Kerusakan organ, apabila digunakan dalam jangka panjang maka bisa menyebabkan gagal ginjal.

3. Infeksi kulit

4. Kecacatan pada bayi, ibu hamil dan menyusui yang menggunakan produk ini bisa meningkatkan resiko kerusakan syaraf yang bisa dialami bayinya.

5. Susah tidur

Selain itu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merkuri juga memberikan efek yang buruk kepada syaraf serta gangguan psikosis dan psikologis seperti depresi. Bahkan merkuri juga membuat kita menjadi ketergantungan dengan bahan tersebut. Memaksa kita konsumtif karena efek yang mengerikan akan muncul apabila kita menghentikan pemakaian produk itu.

Oleh sebab itu mari warga Indonesia selalu waspada dengan produk apapun sebelum kita memakainya. Pastikan bahan yang digunakan aman dan sudah memiliki sertifikat resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hindari produk-produk yang menawarkan hasil instan namun tidak jelas komposisinya, bisa-bisa bukannya mujur tapi malah bikin hancur!






Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone