Mohon tunggu...
Reino avansatria
Reino avansatria Mohon Tunggu... Freelancer - Editor

Hobi saya adalah editing. Saya menemukan kesenangan dalam melakukan ediitng, dan sering menghabiskan waktu luang saya untuk mengejar hobi ini. Saya menganggap editing sebagai cara untuk melepaskan stres dan mengejar kreativitas saya. Saya juga menikmati bagaimana editing memungkinkan saya untuk belajar hal-hal baru dan meningkatkan keterampilan saya. Saya sering berbagi minat ini dengan teman-teman dan keluarga saya, dan senang mencari kesempatan untuk berbagi hobi ini dengan orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Hobi Akan Menjadi Sumber Kebahagiaan

26 Januari 2023   11:13 Diperbarui: 26 Januari 2023   11:26 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Banyak orang yang tidak memiliki hobi padahal memiliki bakat dan minat. Hobi dapat ditemukan melalui minat atau bakat yang dimiliki. Orang menganggap jika sudah memiliki bakat tidak perlu memiliki hobi karena itu sama saja. Padahal hobi, minat, dan bakat memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Hobi adalah aktivitas yang dilakukan seseorang secara sukarela dan tanpa tekanan dari luar, yang dilakukan untuk menyenangkan diri sendiri atau orang lain. Hobi biasanya dilakukan di luar jam kerja atau waktu sekolah, dan tidak memiliki tujuan untuk menghasilkan uang atau keuntungan finansial. Minat adalah sesuatu yang seseorang sukai atau tertarik untuk melakukannya, tetapi tidak selalu dilakukan secara rutin atau aktif. Minat bisa dianggap sebagai potensi untuk menjadi hobi. Sedangkan, Bakat adalah kemampuan yang dimiliki seseorang secara alami dan dapat dikembangkan melalui latihan dan pengalaman. Bakat merupakan potensi untuk menjadi kompeten dalam suatu bidang tertentu, dan seringkali dapat digunakan untuk menghasilkan uang atau mendapatkan pekerjaan.

Jadi, hobi adalah aktivitas yang dilakukan secara sukarela dan menyenangkan, minat adalah potensi untuk menjadi hobi, dan bakat adalah kemampuan yang dapat digunakan untuk menjadi kompeten dalam suatu bidang. Seseorang dapat memiliki hobi, minat, dan bakat yang berbeda-beda dan tidak saling berkaitan. Namun, dalam beberapa kasus, hobi, minat, dan bakat dapat saling berhubungan dan saling melengkapi satu sama lain. Hobi biasanya dilakukan di luar jam kerja atau waktu sekolah, dan tidak memiliki tujuan untuk menghasilkan uang atau keuntungan finansial.

Beberapa contoh hobi yang populer dan mudah dilakukan yaitu berolahraga, berkebun, bermain musik, melukis, menggambar, fotografi, bermain game, menulis, traveling, dan lain lain. Dari olahraga saja dapat ditemukan banyak hobi yang bermanfaat dan tidak membutuhkan modal atau alat yang sulit adalah berlari, berenang, bermain sepak bola, dan masih banyak lagi.

Hobi dapat beragam dan berbeda-beda sesuai dengan minat dan kemampuan seseorang. Hobi juga dapat berkembang dan berubah seiring dengan perkembangan diri seseorang. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menentukan hobi yang akan diminati, ang pertama melakukan eksplorasi, atau mencoba berbagai jenis aktivitas yang berbeda dan temukan apa yang paling menyenangkan. Mencari referensi dengan melakukan membaca buku, artikel, atau blog tentang berbagai hobi, atau tanyakan pada teman atau keluarga tentang hobi mereka. Kita juga dapat mencoba hobi yang berbeda, jangan takut untuk mencoba hobi yang berbeda, meskipun tidak yakin apakah akan menyukainya atau tidak.

Proses pencarian hobi, juga harus mempertimbangkan keterbatasan, apabila memiliki keterbatasan fisik atau finansial. Pertimbangkan hobi yang sesuai dengan kondisi masing masing seseorang. Namun, tidak perlu khawatir dengan adanya keterbatasan. Hal tersebut, dapat diminimalisasi dengan mencari kelompok hobi. Kelompok hobi dapat membantu untuk belajar lebih banyak tentang hobi tersebut dan berinteraksi dengan orang lain yang memiliki minat yang sama ataupun dapat saling mendukung satu sama lain.

Pada intinya ketika mencari hobi, fokuslah pada apa yang menyenangkan karena hobi itu harus menyenangkan, jangan terlalu terpaku pada hasil akhir atau tujuan yang ingin dicapai. Menentukan hobi yang akan diminati mungkin memerlukan waktu dan usaha, tapi setelah menemukannya, hobi tersebut akan menjadi sumber kebahagiaan dan kesejahteraan bagi diri kita masing masing.

Tokoh penulis, pembicara motivasi dan pengusaha dari Indonesia pada yang populer tahun 70-an yang bernama Dedy Dahlan pernah mengatakan 

Ingat kembali Hobi Anda, temukan Passion Anda! 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone