Mohon tunggu...
Nalar ID
Nalar ID Mohon Tunggu... Desainer - Telah menjadi media penyebaran informasi yang aktual dan terpercaya

-

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Terapkan Metode Kolaborasi, Desa-desa di Kabupaten Kuantan Singingi Kompak Menggunakan Gigades.id

20 Januari 2023   09:43 Diperbarui: 20 Januari 2023   11:32 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Mendes PDTT yang akrab disapa Gus Menteri ini mengatakan, arah dan kebijakan pembangunan desa hingga 2030 merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2019 tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dimana rujukan Perpres ini adalah Suistenabel Development Goals (SDGs) dengan 19 Goals.

"Harapannya pada tahun 2030, saat desa sudah capai 18 Goals ini sama dengan memberikan kontribusi 74 Persen Tujuan SDGs," kata Gus Menteri. 

Ada empat model desain desa digital yang dimulai tahun 2021 yaitu: 1. Digitalisasi untuk penyusunan Database bagi desa-desa yang berbasis Big Data dan Kemendes PDTT yang dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan desa, mendukung pelaksanaan pembangunan, monitoring, pengawasan dan evaluasi pengembangan desa. 

Dengan  semangat ingin memenuhi kriteria SDGs yang telah dicanangkan sejak 2020 lalu, maka dari itu desa-desa di Kuantan Singingi berlomba-lomba untuk menerapkan sistem digital untuk pengelolaan administrasi kependudukan, sistem informasi desa, dan laporan keuangan desa.

Salah satu aplikasi yang telah menjadi pilihan desa-desa di Kab. Kuantan Singingi tersebut adalah Gigades.id, yaitu aplikasi berbasis web dan mobile yang memungkinkan pemerintahan desa - penduduk - dan kecamatan dapat bertukar data secara realtime dan sangat mudah. "Ya betul, Gigades.id membuat kinerja administrasi di desa kami menjadi terbantukan, karena disitu terdapat fitur untuk pengelolaan surat, pengelolaan data masyarakat, dan publish berita yang dapat dijangkau langsung oleh masyarakat kami", ujar Ayyub Abdul Jabar selaku Sekretaris Desa Bukit Raya, Singingi Hilir.

"Kami berharap dapat memenuhi kebutuhan pemerintahan desa terlebih dahulu dari Gigades.id ini, karena ketika proses digitalisasi dipemerintahan desa sudah maksimal, kami yakin semangat dari pemerintahan desa tersebut dapat dideliver kepada masyarakatnya sendiri, kita juga menginginkan adanya cakap literasi digital dilingkungan masyarakat, sehingga hal itu dapat memudahkan kita untuk mencapai yang namanya digitalisasi desa" kata Argeomerta Lisva, CEO dari Gigades.id.

Didapat dari pernyataan CEO Gigades.id, sekarang sudah banyak desa yang bergabung ke dalam sistem Gigades.id, khususnya dari Kab. Kuantan Singingi.

Semoga proses digitalisasi desa yang dicanangkan oleh Mendes PDTT tersebut dapat terealisasi ya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone