Mohon tunggu...
Rido Nababan
Rido Nababan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Profesional

Untuk menjadi penulis, yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras untuk menulis dan kemudian mempraktikkannya, orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis, namun tidak pernah melakukannya, maka ia sama saja dengan bermimpi untuk memiliki mobil, tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya. - Stephen King

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerita Prosa Anak: Ulat Bulu Berhati Lembut

22 Januari 2023   23:03 Diperbarui: 22 Januari 2023   23:05 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

ULAT BULU BERHATI LEMBUT

Karya Rido Nababan

 

Pada suatu hari di hutan yang penuh dengan pepohonan tinggi dengan daun yang sangat lebat tinggallah seekor Ulat Bulu. Ulat Bulu adalah hewan kecil yang mempunyai bulu-bulu halus di tubuhnya seperti kapas. Ia tinggal di sebuah ranting pohon bekas pohon yang sudah tumbang. Ulat Bulu ini gemar menolong hewan lain yang sedang kesusahan.

Di suatu ketika saat Ulat Bulu dalam berangkat perjalanan mencari makan di siang hari ia bertemu dengan Laba-laba. Laba-laba itu sedang merasa kebingunan dan menangis. Melihat hal tersebut Ulat Bulu mendekati Laba-laba.

Ulat Bulu bertanya kepada Laba-laba "Kenapa kamu merasa sedih wahai Laba-laba ?".

Laba-laba pun menjawab "Aku sedih karena pada saat itu, jaring-jaring Aku banyak sekali makanan yang Aku siapkan untuk esok hari, tiba-tiba ada angin lebat yang menghantam jaring-jaring Aku".

Laba-laba kemudian menceritakan saat angin lebat sedang menghantam jaring-jaring nya, tetapi ia berhasil melarikan diri dari angin lebat yang sangat kencang. Hal itu membuat Laba-laba merasa sedih. Saat Laba-laba berlari menyelamatkan diri dengan berlari panik ia tidak sadar bahwa jaring-jaring nya itu sudah rusak diterjang angin lebat. Ulat Bulu pun mencoba untuk menenangkan Laba-laba dan ia berusaha membantu menolong untuk membagikan makanan yang dibawa nya agar dapat disimpan untuk esok hari, tapi itupun kurang untuk persiapan dimusim yang dingin ini. Setidaknya Laba-laba pun merasa senang dengan apa yang dilakukan Ulat Bulu.

Mereka mulai mencari makanan lagi menuju ke arah ranting pohon yang paling bawah. Di perjalanan mereka bertemu dengan seekor Semut yang sedang membuat rumah nya di pohon.

Ulat Bulu pun menyapa dan bertanya kepadanya "halo Semut. apakah kamu melihat banyak makanan di daerah sini ?".

Semut pun menjawab "Halo Ulat Bulu, halo Laba-laba. Aku tadi melihat banyak sekali makanan dibawah pohon sana".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone