Mohon tunggu...
rijal kuroma
rijal kuroma Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

Saya mahasiswa yang sedang menuntut ilmu agama sekalian,.

Selanjutnya

Tutup

Seni

Budaya Lagu Bahasa Jawa Populer Perspektif Linguistik

20 Januari 2023   07:50 Diperbarui: 20 Januari 2023   07:58 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Manusia mampu berkomunikasi dengan menggunakan tanda, termasuk kata dan gerakan.  Ilmu yang mengkaji bahasa merupakan ilmu linguistik. Beberapa bahasa yang umu seperti bahasa lisan dan bahasa isyarat yang membentuk kata dan membentuk frasa dan istilah.

Termasuk pada lagu, gaya yang digunakan didalam lagu berbeda dengan bahasa karya sastra lainya seperti puisis, cerpen dan yang lainya. Pada dasarnya lagu merupakan ekspresi pencipta yang tertuang dalam bentuk rangkaian kata yang maknanya ignin disampaikan dengan sebuah nada yang diinginkan, tidak semua nada digunakan.

Pada saat ini banyak lagu jawa yang dapat dianalisis dan ditemukan pesan-pesan yang terkandung dalam lagu jawa, tentunya dengan mengtranslate bahasa jawa kebahasa indonesia untuk khalayak umum. Tujuanya agar bahasa dan kata kata yang terkandung di dalamya tersampiakan kepada banyak orang tentunya diciptakan dengan bahasa yang mudah dipahami agar menikmati sebuah satra pencipta lagu khususnya lagu jawa populer saat ini dan dikenal banyak orang.

Di dalam karya satra terdapat sebuah tanda kebahasaan yang bisa dikaji dengan menggunakan ilmu somiotika. Siomatika merupakan pengkajian yang digunakan untuk menafsirkan sebuah karya sastra dengan menggunakan penanda dan petanda sebagai acuan. memberi batasan semiotika adalah bagaimana karya itu ditafsirkan para pengamat dan masyarakat melalui tanda-tanda atau lambing-lambing menurut Dick Hartoko (Dalam Santoso 1993:3)

Misalkan pada Lirik lagu Satru yang memang memiliki hubungan erat dengan kajian semiotika terkait makna yang terdapat didalam lirik lagu tersebut. Lirik lagu yang berjudul Satru ini diciptakan oleh Denny caknan yakni pencipta sekaligus penyanyi di dalam lagu tersebut. Lagu  tersebut diciptakanya dengan menggunakann konsep duet atau kelaborasi dengan Happy asmara, yang kita  kenal saat ini di kabarkan tengah menjadi kekasihnya.

Lirik serta makna lagu "Satru" ini, menjabarkan tentang Pertengkaran di dalam sebuah hubungan percintaan generasi four poin zero yang tengah di landa kekecewaan dan kecemburuan dari sang kekasih terhadap pasangannya.

Dikaji menggunakan kajian semiotika karena dengan harapan memperjelas dan dapat mengetahui dari makna yang tersimpan di dalam lirik lagu tersebut, tentunya tujuan tak lain pada generasi four poin zero khususnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone