Mohon tunggu...
R Ilham Wuryanto
R Ilham Wuryanto Mohon Tunggu... Lainnya - Karyawan Swasta

Hanya seseorang yang ingin memiliki hidup sehat dan bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Mengkudu untuk Atasi Diabetes

25 Januari 2023   14:40 Diperbarui: 25 Januari 2023   14:48 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Siapa yang tidak asing dengan buah mengkudu? Buah mengkudu adalah buah yang memiliki rasa yang pahit. Meskipun buah mengkudu memiliki rasa yang tidak mengenakan di mulut, buah ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, mengkudu adalah salah satu buah yang cukup banyak ditemukan di wilayah Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Australia. Buahnya berwarna hijau dan akan berubah putih kekuningan ketika masak. Mengkudu berbentuk lonjong tidak beraturan dan benjolan-benjolan kecil di kulitnya.

Dibalik rasanya yang pahit, mengkudu memiliki manfaat yang baik tubuh. Mengkudu dipercaya sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi mengkudu adalah mengontrol penyakit diabetes.

Diabetes tipe 2, menurut halodoc.com, adalah kondisi tubuh seseorang yang memiliki tingkat kadar gula darah yang cukup tinggi akibat resistensi insulin. Resistensi insulin terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan hormon insulin secara normal untuk mengubah glukosa yang masuk ke dalam tubuh menjadi energi.

Menurut hellosehat.com, sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa mengkudu dapat mengatasi gejala penyakit diabetes tipe 2. Konsumsi sari buah mengkudu dalam kurun waktu tertentu dapat membuat kadar gula darah pasien menurun. Hal ini menunjukkan bahwa buah mengkudu dapat mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu, buah mengkudu juga dipercaya untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga berat badan.

Buah mengkudu memiliki rasa yang tidak mengenakan bagi sebagian besar orang. Rasanya yang pahit membuat orang cenderung enggan untuk mengonsumsinya.

Kini sudah banyak obat-obatan herbal yang mengandung sari mengkudu untuk mengatasi gejala diabetes. Salah satunya adalah Bio Insuleaf. Bio Insuleaf adalah ekstrak herbal dari bahan-bahan alami yang dapat mengatasi masalah gula darah. Bio Insuleaf mengandung ekstrak herbal dari mengkudu, mahkota dewa, brotowali dan bahan-bahan herbal lainnya. Konsumsi dua sendok makan Bio Insuleaf setiap hari dapat membuat kadar gula darah tetap terkontrol.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone