Mohon tunggu...
Rini Mei Hastuti
Rini Mei Hastuti Mohon Tunggu... Guru - guru di SDN 2 Purwojati, Kab. Banyumas

Memiliki ketertarikan pada dunia kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Akibat Hujan Lebat dan Talud yang Rapuh

22 Januari 2023   14:01 Diperbarui: 22 Januari 2023   14:03 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Curah hujan yang lebat dan sudah rapuhnya talud menjadi pemicu bencana longsornya talud SD Negeri 4 Karangkemojing setinggi 7 (tujuh) meter dan sepanjang 12 (dua belas) meter. Pristiwa tersebut terjadi pada Jumat, 20 Januari 2023 pukul 18.00 Wib.

Menurut keterangan Kepala SD Negeri 4 Karangkemojing, Saryoto, S.Pd., longsornya talud akibatkan tertutupnya jalan raya, yang mengakibatkan arus lalu lintas terputus. Melihat kondisi tersebut, Saryoto bersama warga sekitar dengan sigap segera bergotong royong membersihkan tanah dan puing longsoran talud.

“Hujan lebat dan tanggul yang sudah rapuh menjadi pemicu utama longsornya talud. Akibatnya jalan tertutup dan lalu lintas terputus. Dengan segera, saya bersama warga bersihkan longsoran agar lalu lintas kembali lancar,” tutur Saryoto.

Saryoto berharap, pemerintah segera merespon dan memperbaiki talud SD Negeri 4 Karangkemojing. Karena menurutnya apabila dibiarkan akan mengganggu proses pembelajaran dan apabila terjadi longsor susulan akan merusak bangunan gedung sekolah.

“Mohon kepada pemerintah kabupaten Banyumas untuk segera merespon dan memperbaiki talud SD kami. Apabila tidak segera diperbaiki, pembelajaran akan terganggu. Selain itu, bangunan gedung sekolah akan terancam ikut rusak apabila terjadi longsor susulan. (Yusep Kurniawan)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone