Mohon tunggu...
Rinto F. Simorangkir
Rinto F. Simorangkir Mohon Tunggu... Guru - Seorang Pendidik dan lagi Ambil S2 di Kota Yogya dan berharap bisa sampai S3, suami dan ayah bagi ketiga anak saya (Ziel, Nuel, Briel), suka baca buku, menulis, traveling dan berbagi cerita dan tulisan

Belajar lewat menulis dan berbagi lewat tulisan..Berharao bisa menginspirasi dan memberikan dampak

Selanjutnya

Tutup

Sosok Artikel Utama

Pilkades Serentak di Deli Serdang, Persaingan dan Asa Membangun Desa

19 April 2022   12:47 Diperbarui: 19 April 2022   17:17 714
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses Penghitungan Suara di Desa Rumah Sumbul (18/4) dokpri

Akhir-akhir ini boleh dibilang gairah atau animo untuk ikut pemilihan kepala desa tidak kalah dengan pemilihan kepala daerah, baik ditingkat Bupati atau Walikota, Gubernur maupun untuk pemilihan menjadi anggota dewan di daerah maupun di pusat. Gairah ini dibuktikan dengan semakin banyaknya orang berminat untuk mendaftar jadi calon kepala desa.

Beda dengan pemilihan kepala desa waktu lalu yang paling banyak diikuti oleh dua calon kepala desa. Sementara sekarang ini lebih dari dua calon kepala desa.

Seperti pemilihan calon Kepala Desa yang ada di Kabupaten Deli Serdang, yang serentak dilakukan kemarin, Senin 18 April 2022.

Seperti yang dilansir oleh apenda.deliserdang.go.id ada sebanyak 304 Desa di 22 Kecamatan yang berada di Kabupaten Deli Serdang.

Total calon yang ikut bertarung di dalam pemilihan kemarin sebanya 1.061 calon kepala desa. Itu berarti jika dibagi ke 304 desa yang ada maka rata-rata tiap desa diikuti oleh 3,5 calon kepala desa.

Di tempat saya sendiri memilih-pun ada sebanyak 4 calon kepala desa yang maju. Mereka siap untuk berjuang membangun desa secara bersama-sama.

Persaingan pun boleh dibilang sangat ketat dan hampir banyak cara dilakukan oleh mereka untuk menarik perhatian para warga desa untuk bisa memilih mereka.

Latar belakang mereka pun boleh dibilang beragam, mulai dari pengusaha desa, berkecimpung di LSM atau lembaga swadaya masyarakat, petani hingga istri mantan kepala desa lalu.

Tentu di daerah-daerah lainpun jauh lebih beragam lagi profesi mereka untuk bisa ikut bersaing di dalam pilkades serentak di Deli Serdang.

Partisipasi masyarakat untuk ikutpun sangat tinggi yang bahkan hampir mencapai angka 100 persen masyarakatnya. Di Desa Rumah Sumbul sendiri pun dari data yang masuk dan yang resmi ditetapkan untuk ikut memilih yakni sebanyak 237, yang tidak menggunakan hak suaranya hanya sebanyak 3 suara. Hal inipun dibilang merata terjadi di desa-desa yang lain yang ada di Kabupaten Deli Serdang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone